Kotawaringin Utara Ditargetkan Terbentuk 2017

id Ketua DPRD Kotim, Jhon Krisli, Kotawaringin Utara Ditargetkan Terbentuk 2017

Kotawaringin Utara Ditargetkan Terbentuk 2017

Ilustrasi (Istimewa)

Kabupaten Kotawaringin Utara rencananya meliputi enam kecamatan yaitu Parenggean, Mentaya Hulu, Telaga Antang, Antang Kalang, Bukit Santuei dan Tualan Hulu...
Sampit (Antara Kalteng) - Pembentukan Kabupaten Kotawaringin Utara yang dimekarkan dari Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ditargetkan terealisasi tahun 2017 mendatang.

"Kami sudah menerima dokumen aspirasi ini berupa surat keputusan dari BPD 86 desa yang bergabung di Kabupaten Kotawaringin Utara. Ini nanti akan dibahas di DPRD Kotim," kata Ketua DPRD Kotim, Jhon Krisli di Sampit, Selasa.

Persiapan pembentukan kabupaten itu terus dimatangkan. Senin (26/1), Badan Pekerja Persiapan Pembentukan dipimpin langsung Ketua Tim, Ansen Tue menyerahkan dokumen persyaratan ke DPRD Kotim untuk mendapatkan persetujuan dan rekomendasi.

Dokumen tersebut akan dibahas di Komisi I dan disampaikan ke seluruh pimpinan fraksi. Selanjutnya akan dibawa ke rapat paripurna untuk mendengarkan apakah seluruh fraksi setuju atau tidak.

"Nanti tim juga harus mendapatkan peretujuan dari Bupati Kotim untuk diteruskan ke Gubernur dan DPRD Kalteng. Kalau sudah disetujui, baru diusulkan ke pusat," jelas Jhon.

Rencana pembentukan kabupaten baru ini dianggarkan sekitar Rp2 miliar. Pengalokasian anggaran ini merupakan wujud dukungan semua pihak terhadap Kotawaringin Utara.

Terkait persiapan, Ansen Tue, tim bekerja terjadwal. Berbagai persiapan terus dilakukan agar pembentukan kabupaten ini segera terwujud.

"Semoga prosesnya berjalan cepat dan mulus supaya target pembentukan Kotawaringin Utara terwujud pada 2017," kata Ansen Tue.

Dia meyakinkan bahwa tim tidak akan setengah-setengah dalam memperjuangkan ini. Tahapan kegiatan sudah dijadwalkan dan diupayakan dilaksanakan sesuai rencana.

Pengusaha tambang yang kini dipercaya sebagai Ketua Kadin Kotim ini yakin segenap elemen akan mendukung pembentukan kabupaten baru, apalagi Bupati H Supian Hadi menyatakan dukungan sehingga sekarang tinggal usulan ke provinsi dan pusat.

Ansen yang juga Ketua Partai Nasdem Kotim itu berharap perjuangan ini juga didukung kalangan politisi mulai di tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat. Sejauh ini pihaknya bersyukur karena respons kalangan legislator sangat positif.



Kajian akademis

Untuk kajian akademis, tim bekerjasama dengan Universitas Palangka Raya. Tim terdiri tujuh akademisi sedang mengkaji kelaikan pembentukan Kotawaringin Utara.

Kabupaten Kotawaringin Utara rencananya meliputi enam kecamatan yaitu Parenggean, Mentaya Hulu, Telaga Antang, Antang Kalang, Bukit Santuei dan Tualan Hulu. Masyarakat di enam kecamatan itu sudah membentuk tim pembentukan kabupaten baru tersebut.

Kawasan Utara Kotim yang digadang-gadang menjadi Kabupaten Kotawaringin Utara ini masih membutuhkan banyak pembangunan bidang infrastruktur. Namun untuk mewujudkannya tidak bisa dalam waktu singkat karena terbatasnya anggaran yang dimiliki Kotim.



(T.KR-NJI/B/S019/S019)