Kemampuan Paskibraka Kotim Diperhitungkan Di Tingkat Nasional

id Kemampuan Paskibraka Kotim Diperhitungkan Di Tingkat Nasional , Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Kalteng, Sigit K Yunianto

Kemampuan Paskibraka Kotim Diperhitungkan Di Tingkat Nasional

Sigit K Yunianto. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...PPI adalah organisasi yang punya peran strategis namun tidak ikut dalam kegiatan politik...
Sampit (Antara Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menjadi salah satu daerah yang prestasinya diperhitungkan dalam pemilihan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di tingkat nasional.

"Dari catatan kami, sejak 2004 hingga saat ini, anggota paskibraka Kotawaringin Timur selalu terpilih menjadi satu dari dua wakil Kalimantan Tengah di tingkat nasional saat pengibaran bendera pusaka di Istana Negara," kata Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Kalteng, Sigit K Yunianto di Sampit, Rabu.

Kedatangan Sigit ke Sampit adalah melantik dan mengukuhkan pengurus PPI Kotim periode 2013-2017 yang diketuai Sanggul Lumban Gaol. Beberapa kali Sigit menyampaikan pujiannya atas prestasi yang dicapai PPI Kotim dalam menyiapkan dan membina Paskibraka.

Pembinaan yang baik membuat kemampuan anggota Paskibraka asal Kotim tidak hanya diperhitungkan di tingkat provinsi, tetapi juga di kancah nasional. Dia berharap prestasi ini ditingkatkan sehingga bisa membawa harum nama daerah.

Sigit juga mengingatkan bahwa PPI adalah organisasi yang punya peran strategis namun tidak ikut dalam kegiatan politik. PPI harus tetap berjalan sesuai tujuan didirikannya organisasi ini yaitu membantu pemerintah dalam pembinaan kepemudaan.

Sementara itu, Sanggul mengatakan, PPI di Kotim sudah menunjukkan dedikasi dan peran sertanya dalam membantu di bidang sosial kemasyarakatan, pembinaan generasi muda, pencegahan dini kenakalan remaja, pembinaan persiapan anggota Paskibraka dan kegiatan lainnya.

"Kami berterima kasih karena perhatian pemerintah daerah sangat besar mendukung PPI. Tahun ini penjaringan calon Paskibraka Indonesia di setiap sekolah di seluruh kecamatan di Kotim," ucap Sanggul.

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri mengakui PPI sudah menunjukkan perannya membantu pemerintah daerah, khususnya dalam pembinaan kepemudaan di daerah ini.

Pemerintah daerah berharap PPI akan terus menjalankan program-program terkait pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia generasi muda di daerah ini. Pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan positif yang dilakukan PPI.



(T.KR-NJI/B/N005/N005)