Damkar Barsel Imbau Masyarakat Waspada Bahaya Kebakaran

id Damkar Barsel Imbau Masyarakat Waspada Bahaya Kebakaran, damkar

Damkar Barsel Imbau Masyarakat Waspada Bahaya Kebakaran

Ilustrasi, (Istimewa)

...pemicu kebakaran bisa diakibatkan karena pemilik rumah terutama kalangan ibu rumah tangga yang lupa mengontrol kompor setelah mereka memasak.
Buntok (Antara Kalteng) - Pemadam Kebakaran, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran.

Kasubag Damkar Barsel, Untung Purbaya, S. AP di Buntok, Jumat mengimbau semua warga untuk terus meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran, meskipun saat ini memasuki musim hujan.

"Periksalah kompor setelah memasak serta matikan alat elektronik apabila sudah tidak digunakan lagi dan jika ada ditemukan instalasi listrik yang rusak segera diperbaiki," katanya.

Karena lanjutnya, pemicu kebakaran bisa diakibatkan karena pemilik rumah terutama kalangan ibu rumah tangga yang lupa mengontrol kompor setelah mereka memasak.

Di samping itu penggunaan alat elektronik dan instalasi listrik yang rusak juga berisiko tinggi terhadap kebakaran, karena kebanyakan peristiwa kebakaran berawal dari arus pendek listrik.

Ia juga mengimbau kepada warga jangan sembarangan membuang puntung rokok dan membakar sampah, karena bisa berpotensi menyebabkan kebakaran.

Pada bagian lain ia mengatakan, pihaknya tetap seperti biasanya telah menyiagakan personel dan peralatan dalam upaya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada terjadi kebakaran.

"Kita memiliki enam unit mobil pemadam kebakaran ditambah satu unit mobil pemandu jenis pick-up," jelasnya.

Sedangkan untuk jumlah personel pemadam kebakaran Barsel lanjut Untung Purbaya berjumlah sebanyak 29 orang yang mana jadwal piketnya dibagi dalam tiga regu.


(T.KR-BYU/B/N005/N005)