Persiapan MTQ Kobar Capai 90 Persen

id Persiapan MTQ Kobar Capai 90 Persen

Persiapan MTQ Kobar Capai 90 Persen

Persiapan MTQ Kobar Capai 90 Persen. (FOTO ANTARA Kalteng/Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Persiapan Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupten Kotawaringin Barat (Kobar) telah mencapai 90 persen dan 10 persennya hanya pada pelaksanaan MTQ yang akan digelar pada Sabtu (28/02) mendatang di Lapangan Sepak Bola Senggora Kecamatan Kumai.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kabupaten Kobar, yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kobar, Masradin,SH.,MH, menyatakan kalau persiapan pelaksanaan MTQ kobar ini akan selesai tepat pada waktunya secara keseluruhan, baik menyangkut panggung, pemondokan kafilah enam kecamatan, dan tempat beberapa cabang lomba.

Masradin yang juga Sekda Kobar, lebih rinci memaparkan rencana MTQ tersebut, dan dijelaskannya bahwa peserta yang berasal dari enam kecamatan, seluruhnya berjumlah kurang lebih 70 orang peserta, diluar pimpina kafilah dan official, juga ditambah dengan dewan juri.

Panitia di tingkat kecamatan Kumai yang akan membantu Panitia tingkat Kabupaten Kobar, telah menyiapkan sedikitnya 20 tempat pemondokan, dan semuanya berada di rumah penduduk yang ada di Kecamatan Kumai, baik di Kelurahan Kumai Hulu maupun Kumai Hilir.

Dan untuk pelaksanaannya, pada Sabtu (28/02), diawali dengan pawai ta’aruf, yang diikuti seluruh kafilah yang digelar pada siang harinya dan malam harinya digelar acara pembukaan MTQ dan diawali lagi dengan sumpah dewan juri.

Akhir dari kegiatan MTQ ini, menurut Masradin, pihaknya akan memberikan sebagaimana mestinya, yakni trofy tetap dan bergilir kepada pemenang, ditambah dengan dana pembinaan, dan memang diakui Masradin, untuk kali ini hadiah lomba tidak lagi berupa hadiah umroh tapi diganti dengan daa pembinaan saja.

“Terserah bagi pemenang nantinya, apakah dana pembinaan itu mau diapakan, apakah untuk dijadikan dana perjalanan umroh atau untuk kepentingan pribadi lainnya, itu telah menjadi hak bagi pemenang,” ujar Masradin.

Bagi seluruh pemenang nantinya, telah menjadikan tiket masuk menjadi peserta kafilah dari Kabupaten Kobar dalam Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Sukamara pada Bulan April mendatang, dan sebelumnya juga untuk memantapkan keikutsertaan Kabupaten Kobar di STQ, LPTQ Kobar akan mengirimkan ke luar daerah dalam belajar memantapkan belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar lagi.