Bupati Barsel: STQ Tumbuhkembangkan Seni Baca Al Quran

id bupati barsel, STQ barsel, stq, alquran

Bupati Barsel: STQ Tumbuhkembangkan Seni Baca Al Quran

Bupati Barsel HM Farid Yusran. (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Penyelenggaraan lomba tilawatil quran bertujuan untuk menumbuhkembangkan seni baca Al Quran di kalangan masyarakat muslim daerah ini, kata Bupati HM Farid Yusran di Buntok, Jumat malam.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah itu ketika membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XX tingkat kabupaten di halaman Masjid Agung Buntok.

Kegiatan STQ ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan ilmu seni baca Al Quran di kalangan masyarakat dan menggali bibit Qari/Qariah/ Hafidz/Hafidzah yang dinilai berbakat, katanya.

"Kita mengharapkan semua peserta yang mengikuti lomba ini lebih konsentrasi untuk mencapai prestasi terbaik sehingga menjadi `duta` Barsel pada STQ tingkat Provinsi Kalteng yang dijadwalkan pada April 2015 di kabupaten Sukamara," katanya.

Selain itu ia juga menyampaikan, STQ ini merupakan salah satu aktivitas keagamaan yang sudah terjadwal secara rutin dan sangat akrab dengan masyarakat, khususnya bagi umat Islam.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu program pembangunan terutama dalam aspek peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan penguatan iman dan taqwa sebagaimana yang tertuang dalam sapta program pembangunan Barsel.

"Dengan meningkatnya kualitas SDM tersebut, maka pembangunan yang dilaksanakan dapat lebih stabil dinamis, terkendali dan berkesinambungan," jelas Farid Yusran.

Sementara ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Barsel, Ir Fajar menyampaikan pelaksanaan STQ ke-20 ini berlangsung dari 27 Februari-2 Maret 2015.

"Ada 17 cabang yang dilombakan di STQ ini, di antaranya cabang tilawah golongan anak-anak, remaja dan dewasa, cabang tahfizh golongan satu juz, lima juz, 10 juz dan tilawah," ujarnya.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan STQ ini sebanyak 330 orang berasal dari enam kecamatan di wilayah Barsel.