Sekolah Diminta Persiapkan Siswa Hadapi UN

id ujian nasional, UN, disdikpora seruyan, seruyan

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah meminta pihak sekolah mempersiapkan siswa-siswanya menghadapi ujian nasional pada 13 April 2015.

Persiapan seperti try out, bimbingan belajar, maupun kegiatan pembelajaran lainnya yang mendukung untuk persiapan UN tersebut, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Seruyan Harta Sima di Kuala Pembuang, Minggu.

"Kita sudah menyurati masing-masing sekolah agar mempersiapkan siswa-siswanya dalam menghadapi UN tahun 2015," katanya.

Pihaknya saat ini sudah menyusun entri data UN bagi SMA, MA, dan SMK se-Kabupaten Seruyan, dengan jumlah peserta UN tingkat SMA tahun 2015 di Seruya terdaftar sebanyak 1.030 siswa, terdiri dari 689 orang SMA/MA, dan 341 orang siswa yang beasal dari SMK.

"Mereka ini sudah terdaftar sebagai peserta UN tahun ini, dan kita berharap tahun ini angka kelulusannya bisa lebih baik lagi," jelasnya.

Terkait kelulusan siswa yang diserahkan kepada sekolah, Harta Sima menegaskan bahwa hingga saat ini pihaknya masih belum menerima petunjuk teknis (juknis) kelulusan siswa tingkat SMA yang diserahkan kepada pihak sekolah.

"Walaupun dari kementerian itu menyebutkan bahwa kelulusan siswa diserahkan kepada sekolah masing-masing, tapi saat ini kami masih belum menerima petunjuk teknisnya," katanya.

Ia menjelaskan, juknis mengenai kelulusan siswa yang berasal dari kementerian itu sangat penting untuk diketahui, dari juknis tersebut dapat diketahui secara pasti wewenang sekolah dalam menentukan kelulusan siswanya.

"Makanya kami masih menunggu juknisnya dari pusat," katanya.

Ia menegaskan, sebelum diterimanya juknis mengenai kelulusan siswa, untuk saat ini pihaknya masih tetap berpegang terhadap aturan yang telah ada.

"Memang apabila kelulusannya diserahkan kepada pihak sekolah nantinya, secara otomatis sekolah akan mempunyai peran dalam menentukan kelulusan siswa-siswinya," katanya.

(T.KR-JWM/B/S019/S019)