UM Palangkaraya Selenggarakan Pelatihan Hadapi Dunia Kerja

id universitas muhammadiyah palangkaraya, job fair

UM Palangkaraya Selenggarakan Pelatihan Hadapi Dunia Kerja

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menyelenggarakan kegiatan 'Pelatihan Bagi Calon Alumni dan Pameran Bursa Kerja (Job Fair)', khususnya bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah dan mahasiswa peserta yudisium semester genap tahun 2015. (Humas UM Pal

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Untuk membekali dan mewadahi para calon alumninya, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya telah menyelenggarakan kegiatan "Pelatihan Bagi Calon Alumni dan Pameran Bursa Kerja (Job Fair)", khususnya bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah dan mahasiswa peserta yudisium semester genap tahun 2015.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 27 Februari lalu bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Bentuk kegiatan terdiri dari pelatihan kepada calon alumni, pameran bursa kerja (Job Fair) dan rekrutmen. 

Dalam kegiatan pelatihan ini diundang salah satu pengusaha sukses di kota Palangka Raya yakni Yusianto Umar, untuk memaparkan cara jitu sukses menjadi wirausaha dan mengubah pola pikir lulusan perguruan tinggi hanya terpaku pada PNS.

Selain itu hadir pula Yantony Istanto (Kasi. Informasi Tenaga Kerja Disnaker Kota Palangka Raya) turut menjelaskan mengenai eksistensi informasi bursa kerja dan kondisi ketenagaankerjaan di kota Palangka Raya. Disamping itu, adanya kegiatan Job Fair dijadikan sebagai kesempatan untuk mempertemukan mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi sebagai pencari kerja dengan perusahaan – perusahaan atau lembaga sosial dan pemerintah sebagai instansi yang mencari atau membutuhkan tenaga kerja.

Rangkaian kegiatan tersebut dihadiri 300 mahasiswa dengan latar belakang jurusan yang berbeda-beda. Mahasiswa merasa sangat terbantu dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh UM Palangkaraya. 

Kegiatan Job Fair diikuti oleh enam perusahaan atau perbankan yang meliputi Bank Muamalat, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syari’ah, Swiss Bell Hotel Danum, KIA Motor, Columbus, dan CV. Pelangi. 

Acara tersebut sangat didukung oleh seluruh civitas akademik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Palangka Raya. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Drs. H. Bulkani, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi dunia kerja, karena tantangan yang di hadapi sangat kompleks terlebih lagi untuk menghadapi persaingan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan tuntutan profesionalitas dan daya saing yang tinggi.

menurut dia, masalah ketenagakerjaan yang dihadapi Indonesia adalah tumbuh pesatnya angkatan kerja yang tidak berimbang dengan penyediaan lapangan kerja, sementara pada tahun 2020 diprediksi ada 183 juta angkatan kerja.

Sejalan dengan Rektor UM Palangkaraya, semangat serta dukungan juga hadir dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Palangka Raya, yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Palangka Raya Ibu Puji Naryanti. Ia mengatakan pameran bursa kerja merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menciptakan ruang pertemuan antara pencari kerja dan pemberi kerja sesuai dengan bakat, minat, dan keterampilan pencari kerja. 

"Oleh sebab itu pameran yang dilaksanakan oleh UMP merupakan hal yang sejalan dengan pemerintah Kota Palangka Raya," katanya. 

Ia mengharapkan selaku pemerintah Kota Palangka Raya, event semacam Job Fair ini dapat secara berkesinambungan dilaksanakan mengingat jumlah tenaga kerja khususnya lulusan perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang ada di Kota Palangka Raya semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga informasi dunia kerja dapat terserap secara maksimal oleh pencari kerja.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sangat memberikan dampak positif bagi mahasiswa maupun perusahaan, instansi yang mengikuti acara tersebut. Untuk kedepannya Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berkomitmen untuk selalu meningkatkan mutu serta jumlah peserta dan perusahaan atau instansi untuk mengikuti kegiatan Pameran Bursa Kerja tersebut.