Penderita Ispa Di Kecamatan Dusel Barsel Meningkat

id Penderita Ispa, ISPA, Barsel, Barito Selatan, Kalteng

Penderita Ispa Di Kecamatan Dusel Barsel Meningkat

Ilustrasi, (Istimewa)

...pada Februari 2015 meningkat menjadi 875 orang yang terkena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA),"
Buntok (Antara Kalteng) - Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut di kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dilaporkan mengalami peningkatan pada Februari 2015.

"Pada bulan Januari 2015 tercatat sebanyak 644 orang, sedangkan pada Februari 2015 meningkat menjadi 875 orang yang terkena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA)," kata kepala Puskesmas Dusun Selatan, Rachmadi. P di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah penderita yang terserang penyakit ISPA tersebut terjadi setelah banjir yang melanda wilayah kecamatan Dusel beberapa waktu lalu.

"Selain ISPA, warga terkena diare yang berobat ke puskesmas Dusun Selatan juga mengalami peningkatan pada bulan Februari dibandingkan bulan Januari 2015 yang lalu," kata dia.

Menurut Rachmadi, penyakit lain yang diderita masyarakat adalah diare. Jumlah warga yang berobat akibat diare pada Januari 2015 tercatat sebanyak 68 orang dan Februari 2015 sebanyak 78 orang.

Oleh karena itu ia mengimbau warga selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari dua penyakit tersebut.

Ia menjelaskan, peningkatan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang seimbang, melakukan aktivitas olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

"Dengan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh, maka kita akan terhindar dari penyakit yang kerap kali muncul pada saat musim seperti sekarang ini," ujar Rachmadi.



(T.KR-BYU/B/S019/S019)