9.135 Keluarga Miskin Kalteng Terima Bantuan PKH

id Program Keluarga Harapan, 9.135 Keluarga Miskin Kalteng

9.135 Keluarga Miskin Kalteng Terima Bantuan PKH

Salah satu warga memperlihatkan kartu program keluarga harapan (PKH). (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Keluarga tercatat di PKH akan menerima bantuan dana yang dikirim langsung ke rekening penerima. Pemerintah Pusat menyediakan anggaran sekitar Rp8,1 miliar,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Sosial Kalimantan Tengah mencatat sebanyak 9.135 keluarga sangat miskin akan menerima bantuan melalui Program Keluarga Harapan yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Ke-9.135 keluarga sangat miskin yang tercatat penerima PKH tersebut setelah melakukan pendataan dengan melibatkan operator pendamping, kata Sekretaris Dinsos Kalteng Turina Baboe di Palangka Raya, Rabu.

"Keluarga tercatat di PKH akan menerima bantuan dana yang dikirim langsung ke rekening penerima. Pemerintah Pusat menyediakan anggaran sekitar Rp8,1 miliar," tambah dia.

Dana PKH yang disediakan Pemerintah Pusat tersebut bertujuan membantu anak sekolah mulai dari SD hingga SMA, sekaligus kesehatan khusus ibu hamil, bayi maupun balita.

Turina mengatakan, setiap penerima PKH akan mendapatkan minimal Rp1,2 juta dan maksimal Rp2.7 juta. Dana tersebut tidak disalurkan melalui Dinas Sosial, melainkan langsung ke rekening penerima.

"Tapi, ada syarat khusus untuk mendapatkan dana ini. Misal, kalau anak si penerima PKH tidak sekolah, maka dana ini juga akan di kurangi sesuai harinya tidak sekolah. Begitu juga dengan ibu hamil," katanya.

PKH merupakan program untuk kelurga sangat miskin yang berbeda dari tiga Kartu Sakti milik Presiden Joko Widodo maupun Raskin. Penentuan masyarakat berhak masuk ke PKH juga berbeda dengan program lain yang hanya memerlukan pendataan.

Sekretaris Dinsos Kalteng mengatakan PKH ini akan ditempatkan Operator maupun Pendamping, sehingga program ini membuat penerima mampu meningkatkan perekonomiannya.

"Demi menunjang tugas dan tanggung jawab para Pendamping dan Operator inilah Dinsos Kalteng menggelar Rapat Koordinasi Ketua UPPKH, Operator dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH)," demikian Turina.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)