Pol PP Palangka Raya Bentuk Tim Terpadu

id Kepala Satpol PP, Baru I Sangkai, Pol PP Palangkaraya

Pol PP Palangka Raya Bentuk Tim Terpadu

Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Baru I Sangkai. (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya akan membentuk tim terpadu dalam rangka menegakkan peraturan daerah di wilayah ibu kota Kalimantan Tengah itu.

"Sedang saya susun, SK tim terpadu namanya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat tim ini akan segera tersusun. Ini didukung oleh pak wali dan pak wakil wali kota," kata Kepala Satpol PP, Baru I Sangkai, di Palangka Raya, Jumat.

Tim tersebut direncanakan akan berkolaborasi dengan instansi lain, di antaranya Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan dan Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air.

Dengan terbentuknya tim terpadu tersebut diharapkan upaya penegakan perda lebih maksimal karena penertiban dilakukan secara bersama sehingga tidak terkesan Pol PP arogan.

"Saat kita menertibkan ada juga dinas lain, misalnya Cipta Karya menunjukkan garis badan jalan, Bina Marga menunjukkan wilayah yang dilarang berjualan, Diskopperindag memberikan pengertian kepada pedagang. Semua bekerja sama, bukan hanya Satpol PP," katanya.

Ia mengatakan, ide pembentukan tim tersebut juga disampaikan kepada Wali Kota HM Riban Satia yang dilanjutkan dengan rapat koordinasi pembentukan tim tersebut.

Tim tersebut dibentuk berdasarkan evaluasi terhadap penegakan perda yang dilakukan selama ini. Baru menilai, penegakan perda selama ini kurang maksimal.

"Selama ini SatPol PP bagaikan singa di lapangan. Saya tidak mau lagi terjadi seperti itu. Saya bilang kalau seperti ini tidak bisa tertib. Jadi, persuasif, komunikasi, jangan seolah-olah SatPol PP bertindak sendiri. Ini kan pemerintah kota, semua terlibat," katanya.

Dia mengimbau warga "Kota Cantik" ini ikut menjaga keindahan dan menaati peraturan yang berlaku sehingga wajah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya nyaman dan indah dipandang pendatang.


(T.KR-RNA/B/S019/S019)