Harga Ayam Potong Di Sampit Anjlok

id Harga Ayam, Sampit

Harga Ayam Potong Di Sampit Anjlok

Ilustrasi. (Istimewa)

...Mungkin ayam di Sampit juga sedang panen banyak, sehingga harga turun,"
Sampit (Antara Kalteng) - Harga ayam potong di pasar tradisional di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah dalam sebulan terakhir sedang anjlok.

"Sudah sebulan ini harga ayam terus turun. Ini ayam dari Palangkaraya yang saya jual. Mungkin ayam di Sampit juga sedang panen banyak, sehingga harga turun," kata Anto, salah seorang pedagang, di Sampit, Minggu.

Di Pasar Keramat, harga ayam potong dijual Rp23.000 per kilogram, turun dibandingkan pekan lalu masih dijual Rp25.000 per kg.

Sebelumnya harga ayam potong bertahan Rp28.000 per kg. Saat harga sedang tinggi, harga ayam potong bisa mencapai di atas Rp40.000 per kg.

Masyarakat bisa mendapatkan harga lebih murah jika membeli ayam di Pasar Ikan Mentaya dan Pasar Mangkikit atau Pasar Subuh, karena biasanya harga ayam pada dua pasar tersebut lebih murah dibanding pasar lainnya.

Pedagang ayam keliling umumnya juga membeli ikan dan ayam dari dua pasar tersebut.

Menurut para pedagang itu, harga ayam potong cukup cepat fluktuasinya, tergantung stok dan pasokan.

Produksi ayam dari peternak lokal belum mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan pasar, sehingga banyak pedagang yang mendatangkan pasokan ayam dari Palangkaraya dan Banjarmasin.

"Kalau stok banyak biasanya harga akan naik. Tapi sebulan terakhir sepertinya panennya berbarengan antara peternak lokal dan pasokan dari luar, sehingga stok ayam melimpah dan harga jadi turun. Ayam ini `kan kalau sudah umurnya masuk masa panen, ya harus dijual. Tidak bisa disimpan lama seperti barang dagangan lain," kata Mariati, pedagang lainnya.

Penurunan harga ayam potong ini disambut gembira konsumen. Daya beli masyarakat menjadi meningkat, dan transaksi ayam potong juga mengalami peningkatan.



(T.KR-NJI/B/B014/B014)