Pemkab Kobar Siapkan Lahan Untuk Basarnas

id basarnas, pemkab kobar, BPBD kobar

Pemkab Kobar Siapkan Lahan Untuk Basarnas

Dirsapras Basarnas beserta Kepala BPBD Kobar di tempat rencana pos SAR di Desa Sebuai Kecamatan Kumai. (Foto Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) – Sebagai antisipasi bencana, baik alam maupun kelalaian manusia, seperti banjir dan bencana transportasi yang baru-baru ini terjadi, pihak Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah menyiapkan lahan bagi Badan SAR Nasional (Basarnas).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Hermon,  mengatakan pihaknya beserta Basarnas telah meninjau rencana penempatan kantor dan perumahan tersebut, yang kemungkinan di dua tempat, yakni di dekat rencana bandara internasional yang baru di Desa Sebuai dan di Desa Teluk Bogam, atau berada di Bugam Raya.

“Ini sebagai langkah antisipasi kita untuk aksi cepat, jika terjadi bencana, dan tidak menunggu lama dalam proses pencarian dan evakuasi, walau bencana itu tidak kita inginkan,” terang Hermon.

Semuanya ini, lanjut Hermon dalam proses, namun akan tetap kita wujudkan. Sementara ini, penempatan pos SAR itu berada di kantor BPBD Kobar.

Menurut Hermon, penting adanya penempatan pos SAR ini, karena daerah ini berada di titik strategis. Juga wilayah Kobar memiliki transportasi darat, laut dan udara, dan sudah dua kali adanya kejadian secara nasional di bidang transportasi, yakni tenggelamnya KM Senopati dan jatuhnya Pesawat Airasia QZ8501.