Bupati Sukamara : Peran Guru Menentukan Generasi Baru

id Ahmad Dirman

Bupati Sukamara : Peran Guru Menentukan Generasi Baru

Bupati Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, H Ahmad Dirman, (www.sukamarakab.go.id) Istimewa

Sukamara (Antara) - Bupati Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, H Ahmad Dirman mengatakan bahwa peran guru sangat menentukan generasi baru pada dunia pendidikan.
 
“Pekerjaan guru merupakan pekerjaan yang mulia, sebab dari sanalah lahir generasi baru. Beban seorang guru sangat berat sekali karena dipundaknyalah terpikul tanggungjawab akan baik buruknya masa depan  generasi bangsa,” kata Ahmad Dirman di Sukamara, Selasa.

Menuutnya, guru mempunyai tempat da peranan yang teramat penting dalam ikut membentuk majunya suatu bangsa, yakni maju dalam segi ahlak dan moral, ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan kata lain guru merupakan lampu penerang dan penunjuk jalan bagi bangsa yang ingin maju.

“Saya mengajak seluruh lapisan aparat pemerintah bisa bersama-sama bersinergi dalam berperan aktif untuk penigkatan profesionalisme guru yang ada di daerah itu,” katanya.

Bupati Sukamara itu juga mengatakan, peran guru di era modern sekarang, harus dituntut lebih untuk bekerja secara professional baik saat proses belajar mengajar kepada peserta didik.

Oleh karena itu, seorang guru harus meningkatkan dan lebih mementingkan nilai pengabdian demi keberhasilan anak didik dan kualitas muridnya, dengan konsekuensi pemerintah dan segenap masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam kesejahteraan para guru sehingga tercukupi kebutuhan hidupnya.

Bupati juga mengharapkan seorang guru harus memiliki disiplin agar terjaga kewibawaannya, karena  dimata orang lain lebih-lebih oleh muridnya. Jangan sampai seorang guru sering hadir terlambat, sering bolos yang dapat mengakibatkan kerugian dan kekecewaan para muridnya khususnya orang tua murid.

Diungkapkannya, seperti disiarkan di Media cetak maupun elektronik, kehormatan dan kewibawaan seorang guru tampaknya semakin surut, hal ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari dimana seorang guru tidak mampu memberikan contoh yang baik terhadap anak didiknya sehingga dimata anak didik, guru tersebut sangat rendah karena prilakunya.

Oleh sebab itulah, peran guru sangat menetukan peran generasi muda khususnya para peserta didik