Satu Sekolah Di Kotim Laksanakan UN Online

id Satu Sekolah Di Kotim Laksanakan UN Online, online, internet

Satu Sekolah Di Kotim Laksanakan UN Online

Ilustrasi-Peluang bisnis online (ANTARANews/Ardika) Istimewa

Sampit (Antara Kalteng) - SMKN 2 Sampit menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang akan melaksanakan Ujian Nasional secara online atau komputerisasi pada April 2015.

"Awalnya ada SMKN 2 Sampit dan SMPN 1, tapi hasil verifikasi tim dari pusat, ternyata hanya SMKN 2 Sampit yang memenuhi kriteria. Ujian tidak online internet, tapi sistem komputer jaringan yang terkoneksi dengan operator," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan Kotim, Syaifudi di Sampit, Selasa.

Informasi yang diterima Dinas Pendidikan Kotim, ada dua sekolah di Kalteng yang melaksanakan UN secara online, yaitu MAN Model Kota Palangka Raya dan SMKN 2 Sampit. Dua sekolah ini dipilih karena dinilai siap melaksanakan UN dengan sistem ini, khususnya dalam hal ketersediaan fasilitas.

Dua sekolah ini diharapkan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya di Kalteng untuk menerapkan UN secara online pada 2016. UN online didua sekolah ini akan dievaluasi kekurangannya sehingga bisa diperbaiki saat pelaksanaan UN online di seluruh sekolah tahun depan.

Syaifudi menambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan pelatihan operator di sekolah tersebut dan dilanjutkan simulasi UN online. Soal UN berupa lembaran dan master aplikasi UN online diperkirakan akan tiba pada H-7 pelaksanaan UN nanti.

Kepala SMKN 2 Sampit, Ino, mengatakan, sekolahnya siap menggelar UN secara online. Namun jika terjadi pemadaman listrik saat UN berlangsung, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa dan UN dipastikan akan terganggu.

"Kami siap seratus persen, tapi kalau kendala PLN, kami tidak kuasa. Kami belum punya genset," kata Ino.

Tahun ini sebanyak 266 siswa SMKN 2 Sampit akan mengikuti UN. SMKN 2 Sampit adalah salah satu sekolah yang menyatakan sudah siap menggelar UN secara online.

Sesuai petunjuk teknis, satu komputer bisa untuk tiga orang. Artinya SMKN 2 Sampit minimal harus menyiapkan 90 unit komputer untuk pelaksanaan UN secara online nanti.

Sudah tersedia 40 unit komputer yang siap digunakan di ruang multimedia. Kini tinggal pemasangan komputer di ruang lainnya yang sudah disiapkan.

Jumlah peserta UN di Kotim 2.263 siswa SMA/MA Negeri/Swasta dan 1.610 siswa SMK Negeri/Swasta. Total sekolah SMA Negeri/Swasta 20 sekolah, SMK Negeri/Swasta 23 sekolah, dan MA 6 sekolah. ***4***



(T.KR-NJI/B/S019/S019)