KPU Kotim Persiapan Tahapan Pilkada

id KPU Kotim Persiapan Tahapan Pilkada, Pilkada, Kotim, KPU

KPU Kotim Persiapan Tahapan Pilkada

Ilustrasi Pemilu. (Istimewa)

....Sebagian aturan belum disahkan dan belum adanya kepastian kapan Pilkada dilaksanakan,"
Sampit (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Unum Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mulai melakukan persiapan tahapan Pemilihan Kepala Daerah yang dijadwalkan berlangsung pada Desember 2015.

"Untuk sementara ini kami baru sebatas melakukan persiapan dan belum turun ke lapangan karena belum adanya kepastian kapan Pilkada akan dilaksanakan," kata Ketua KPU Kotim Sahlin di Sampit, Rabu.

Persiapan yang dilakukan KPU saat ini meliputi administrasi pelaksanaan Pilkada, seperti berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait kesiapan anggaran.

"Kami mengajukan dana kepada pemerintah bagi penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini sebesar Rp31,2 miliar dan kelihatannya disetujui," katanya.

KPU Kotim juga akan segera meminta pihak kecamatan bersiap melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Tahapan rekrutme anggota PPK dan PPS akan dilaksanakan pada awal Mei 2015, sehingga tersedi waktu bagi pelatihan bagi anggota PPK dan PPS.

Sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) KPU Kotim masih belum bisa memastikan, namun yang jelas jumlahnya akan lebih sedikit dibandingkan pada Pilpres 2014 lalu.

Berkurangnya jumlah TPS pada Pilkada nanti itu karena mengacu pada aturan, pemilih di setiap TPS sebanyak 800 orang, sedangkan pada Pilpres lalu hanya mencapai 600 pemilih.

"Yang jelas saat ini KPU Kabupaten Kotim masih belum bisa berbuat banyak terkait mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2015 ini, hal itu karena sebagian aturan belum disahkan dan belum adanya kepastian kapan Pilkada dilaksanakan," ujarnya.

KPU Kotim berharap, sejumlah aturan dan kepastian pelaksanakan Pilkada 2015 dapat segera ditetapkan agar memudahkan kinerja KPU dalam mempersiapkan tahapan Pilkada.



(T.KR-UTG/B/S019/S019)