Pemkot Ajak Lulusan Peternakan Kembangkan Bibit Sapi

id Bibit Sapi, peternakan, Helmi, Palangkaraya

Pemkot Ajak Lulusan Peternakan Kembangkan Bibit Sapi

Ilustrasi. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengajak lulusan fakultas pertanian program studi peternakan ikut ambil bagian dalam pengembangan bibit sapi di daerah tersebut.

"Kami mengajak sarjana strata satu (S-1) dan diploma tiga (D-III) program studi peternakan bergabung mewujudkan pengembangan bibit sapi yang menjadi salah satu program pemerintah ke depan," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Helmi di Palangka Raya, Senin.

Lulusan S-1 dan D-III peternakan kini bekerja di beberapa instansi pemerintahan Palangka Raya. Sedangkan berwirausaha seperti menjadi peternak hewan jarang ditemukan dengan latar belakang dari lulusan peternakan.

Ia mencontohkan, pengembang bibit sapi di Kota Palangka Raya, rata-rata berlatar belakang pendidikan hanya sampai tingkat sekolah menengah atas (SMA) saja.

Apabila pengembangan bibit sapi dikelola sarjana atau diploma yang berlatar belakang pendidikan peternakan, maka tidak menutup kemungkinan perkembangan peternakan di Kota Palangka Raya akan lebih maju lagi.

"Bukan saya ingin membeda-bedakan latar belakang pendidikan seseorang dalam pengembangan bibit sapi di daerah in. Tetapi alangkah baiknya kalau lulusan peternakan mampu mengimplementasikan ilmunya untuk kemajuan di ibu kota provinsi Kalteng itu," ucapnya.

Kota Palangka Raya masih tergantung dengan daerah lain terkait masalah swasembada daging sapi seperti yang sering terjadi setiap menjelang hari-hari besar keagamaan. Kota Palangka Raya selalu tergantung pengadaan daging sapi dari provinsi lain.

Dia mengajak lulusan peternakan Kota Palangka Raya ikut ambil bagian dalam berwirausaha peternakan dan pengembangan bibit sapi yang diharapkan dan menekan ketergantungan kebutuhan daging dari provinsi lain.

"Saya yakin lulusan peternakan mampu dan siap membantu majukan dunia usaha pengembangan bibit sapi daerah ini. Dengan demikianm insya Allah Kota Palangka Raya dapat menjadi daerah swasembada daging sapi di masa mendatang," katanya.


(T.KR-RON/B/S019/S019)