KPU Kotim Mulai Rekrut PPK Dan PPS

id kpu, ppk, pps

KPU Kotim Mulai Rekrut PPK Dan PPS

Ilustrasi. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kendala ketersediaan anggaran yang melilit Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah dalam penyelenggaraan tahapana Pilkada gubernur serentak 9 Desember 2015, tidak terjadi pada KPU Kabupaten Kotawaringin yang juga menyelenggarakan pilkada bupati/wakil bupati.

"Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara Pilkada di Kotim mulai 19 April dari proses pendaftaran, seleksi hingga pengumuman hasilnya pada 18 Mei 2015," kata Komisioner KPU Kotim, Benny Setia di Sampit, Rabu.

Tahapan pemilu kepala daerah serentak dimulai 17 April lalu ditandai dengan penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2). Tahapan lainnya pun kini terus dijalankan oleh masing-masing bidang.

KPU menyurati seluruh kecamatan untuk memulai perekrutan PPK dan PPS. Tahapan ini harus segera dimulai karena jumlah anggota yang direkrut cukup banyak, yaitu PPK di 17 kecamatan dan PPS di 185 kelurahan dan desa.

"Kami berharap seluruh kecamatan membantu kelancaran pembentukan PPK dan PPS ini. Nanti untuk perekrutan PPK ada tes tertulisnya juga," jelas Benny.

PPK dan PPS akan bertugas selama tujuh bulan. Mereka akan mendapat insentif yang sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Kotim sesuai ketentuan.

Bupati Kotim H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri akan mengakhiri masa jabatan pada 25 Oktober 2015. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim rencananya dilaksanakan pada Desember 2015.