12 Desa Jadi Sasaran Rumah Pangan Lestari

id desa, rumah pangan lestari, KRPL, seruyan

12 Desa Jadi Sasaran Rumah Pangan Lestari

Ilustrasi, Logo Seruyan (kesbangseruyan.blogspot.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Sebanyak 12 desa di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menjadi sasaran program Kawasan Rumah Pangan Lestari oleh Kementerian Pertanian.

"Tahun ini ada 12 desa di Seruyan yang menjadi tempat pelaksanaan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Seruyan Illias di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia menjelaskan dalam pelaksanaannya 12 kelompok yang berada di 12 desa akan menerima dana stimulus dari pemerintah pusat sebesar Rp15 juta untuk mengolah pekarangan rumah menjadi kebun yang kemudian dapat ditanami tanaman pangan, seperti sayuran, ubi-ubian, jagung, cabai dan lain sebagainya.

"Satu kelompok terdiri dari 15 orang. Dan setiap orang akan menerima Dana bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp1juta yang nantinya digunakan untuk membeli bibit, pupuk serta mengolah lahan pekarangan agar dapat ditanami," katanya.

Ia menambahkan, program KRPL bertujuan untuk mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga.

"Terutama di desa-desa yang aksesnya masih kesulitan, sehingga dengan program KRPL warga di desa tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri," katanya.

Ia mengatakan, pada tahun mendatang, BKPP menargetkan realisasi program KRPL di Seruyan dapat bertambah jumlahnya, khususnya untuk kelompok tani wanita yang terdiri dari ibu rumah tangga agar dapat berperan membantu peningkatan ekonomi keluarganya.

"Saat ini BKPP sedang melakukan sosialisasi ke berbagai desa agar dapat mengusulkan kelompok tani lewat kepala desa atau camat masuk dalam program KRPL, jadi jumlah kelompok yang terealisasi tahun mendatang dapat bertambah jumlahnya," katanya.*