Barito Utara Dukung Eliminasi Malaria Kalteng 2018

id Malaria, Barito utara, Barut

Barito Utara Dukung Eliminasi Malaria Kalteng 2018

Ilustrasi - Nyamuk penyebar penyakit Malaria

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara siap mendukung program tercapainya eliminasi malaria di Kalimantan Tengah selambat-lambatnya pada 2018 mendatang.

"Untuk mendukung program itu kami akan mendorong masyarakat yang diduga sakit malaria untuk memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Robansyah pada peringatan Hari Malaria Sedunia di Muara Teweh, Senin.

Menurut Robansyah, pemerintah telah menyediakan obat anti malaria (OAM) secara gratis untuk masyarakat. Malaria merupakan salah satu penyakit yang diharapkan dan diisyaratkan ditujuan MDGs pada tahun 2015.

Pada eleminasi malaria angka kesakitan diharapkan kurang dari 1 per seribu penduduk disertai tidak ditemukannya kembali kasus malaria dengan penularan setempat.

"Berbagai upaya strategis yang telah dilakukan di Kalteng dalam upaya mencapai Kalteng bebas dari malaria seperti memperkuat upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKMB) dalam pengendalian malaria dengan adanya pos malaria desa tersebar di seluruh Kalteng," katanya.

Robansyah mengatakan, adanya deklarasi pemerintah daerah se Kalteng dalam mencapai percepatan eliminasi malaria di Kalteng di tahun 2018 nanti pada acara puncak peringatan hari malaria sedunia yang diperingati di Palangka Raya pada 2 Mei 2012 lalu.

Selain itu, kata dia, meningkatkan akses masyarakat dan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu serta terjangkau di daerah terpencil.

Mendorong masyarakat untuk melindungi kontak dengan nyamuk, salah satunya menggunakan kelambu berinsektisida jangka panjang khususnya di daerah endemis tinggi malaria.

"Kemudian melakukan pembersihan genangan air seperti di rawa-rawa dan tambak agar tidak menjadi tempat berkembangbiak nyamuk. Serta membentuk pos malaria (Posmaldes) di lokasi tinggi malaria dan jauh dari fasilitas kesehatan," jelas dia.