Palangka Raya Akan Bangun Klinik Hewan

id Palangka Raya Akan Bangun Klinik Hewan, calon gubernur kalteng

Palangka Raya Akan Bangun Klinik Hewan

Ilustrasi. Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia (pakai peci)ketika berbincang dengan pemilik tanaman yang dijual pedagang Pasar Datah Manuah, Selasa (31/1) di Palangka Raya (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, akan menganggarkan Rp100 juta lebih untuk membangun klinik kesehatan hewan.

"Kami sudah usulkan ke pemerintah kota (Pemkot) Rp100 juta lebih untuk membangun klinik kesehatan hewan pada 2016," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Palangka Raya Sugiyanto, Selasa.

Ia mengatakan selama ini kantor milik Dinas Perikanan dan Peternakan (Diperkanak) Palangka Raya belum menyediakan ruangan khusus untuk pelayanan kesehatan hewan seperti anjing dan kucing bagi masyarakat.

Sugiyanto menambahkan, hingga saat ini kantor Disperkanak masih melayani masyarakat yang ingin meminta bantuan untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan namun tetap dilakukan di luar ruangan Disperkanak, terkecuali hewan ternak seperti babi.

Kalau pelayanan hewan jenis babi, kata Kabid Kesehatan Hewan itu, pihaknya sudah ada tim khusus untuk langsung mendatangi ke rumah masyarakat yang memiliki hewan ternak tersebut.

"Kami siap mendatangi masyarakat yang memiliki hewan ternak babi serta mengalami gejala sakit dan sebagainya. Dan kami akan langsung menindaklanjutinya," tandasnya kepada wartawan.

Ia menambahkan, masyarakat tidak perlu ragu dan malu apabila ada hewan peliharaannnya yang sakit, segera laporkan atau menghubungi ke nomor telepon seluler 081251549535 atas nama Eko, 085249060955, Alek dan 081349060840 atas nama Sugiyanto.

Hal ini dilakukan, jelas Sugiyanto, untuk tetap memberikan pelayanan yang lebih maksimal dan professional kepada masyarakat "Kota Cantik" Palangka Raya tentang pentingnya akan kesehatan hewan peliharaan agar tidak terkontaminasi langsung ke pemiliknya maupun orang lain.