Palangka Raya Libatkan Pemprov Peringati HUT Kota

id Palangka Raya Libatkan Pemprov Peringati HUT Kota, calon gubernur kalteng

Palangka Raya Libatkan Pemprov Peringati HUT Kota

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia dan Mofit Saptono Subagio beserta istri dalam acara Syukuran/ramah tamah memperingati HUT Pemko Palangka Raya yang ke-49 di Palangka Raya, Selasa (17/6/2014). (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya menggandeng Pemerintah Provinsi Kalimantan tengah untuk terlibat dalam kepanitiaan peringatan Hari Ulang Tahun Kota tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi ke-50 Kota dan HUT ke-58 Pemerintah Palangka Raya dan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-70, Rojikinnor di Palangka Raya, Selasa.

"Kami sampaikan kepada peserta rapat sekalian. Panitia HUT Kota dan pemerintah kota tidak menggandeng pihak ketiga. Kita juga libatkan pemerintah provinsi," kata Kepala Dinas Cipta Karya Cipta Tata Ruang dan Perumahan, Palangka Raya itu.

Hal tersebut, kata dia sebagai upaya meningkatkan program kerjasama antara pemkot dan pemprov. Selain itu juga sebagai upaya singkronisasi kegiatan antara kedua pemerintahan itu.

"Adanya pemprov akan mudah melakukan koordinasi. Jadi pemprov mendukung kita dan kita juga mendukung pemprov. Jika kemaren-kemaren program kita ada yang berbenturan dengan pemprov maka dengan ini kita akan saling koordinasikan kegiatan masing-masing," kata mantan Kadis Dukcapil Kota itu.

Ia meminta sebelum pelaksanaan rapat berikutnya yang dijadwalkan (5/6), setiap bagian kepanitiaan telah melakukan rapat internal guna membahas alokasi anggaran serta bentuk kegiatan di masing-masing bidang.

Untuk pelaksanaan kegiatan, mantan Kepala Dinas Tata Kota "Kota Cantik" Palangka Raya itu, mengatakan direncanakan dibuka pada (23/7) mendatang.

"Jadwal pastinya, kami masih akan koordinasikan dengan pak wali untuk disesuaikan dengan kegiatan lainnya sehingga pelaksanaannya nanti lebih meriah. Tetapi kota opsikan tanggal 23 Juli dilaksanakan," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengatakan meminta rencana agenda beserta anggaran pelaksanaan HUT Pemkot tersebut harus segera dibentuk agar tidak terjadi bentrokan dengan jadwal lain di lingkungan pemkot dan pemprov.

"Untuk usaha dana saya minta pelaksanaan harus melalui satu pintu agar lebih mudah mengontrol dan berkoordinasi. Bentuk bantuan dari pihak ketiga tidak harus berupa dana. Misalnya mereka bisa menyediakan penginapan untuk undangan ya kita terima saja," katanya.

Direncanakan pada perayaan HUT Pemkot akan dimeriahkan dengan stand atau gerai, seminar dan berbagai perlombaan serta kegiatan lain. Selain itu, Pemkot Palangka Raya juga berencana mengundang kabupaten tetangga seperti Kabupaten Katingan, Pulang Pisau dan Gunung Mas agar ikut memeriahkan kegiatan itu.