PWI Kalteng Diminta Tuntaskan Uji Kompetensi Wartawan

id PWI Kalteng Diminta Tuntaskan Uji Kompetensi Wartawan, UKW

PWI Kalteng Diminta Tuntaskan Uji Kompetensi Wartawan

Peserta UKW foto bersama dengan jajaran pimpinan pusat PWI Kalteng dan PWI Pusat di Palangka Raya, Sabtu, 27/4. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah diminta segera menuntaskan uji kompetensi seluruh wartawan di daerah itu.

"Kami meminta PWI Kalimantan Tengah bisa menyelesaikan uji kompetensi seluruh wartawannya paling lambat akhir 2016. Ini demi profesionalisme wartawan," kata Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Sasongko Tedjo di Palangka Raya, Jumat malam.

Penegasan ini disampaikan Sasongko saat menghadiri upgrading dan konferensi kerja pengurus PWI se-Kalteng di Palangka Raya. Kegiatan ini dihadiri pengurus PWI Kalteng dan pengurus PWI dari 13 kabupaten di Kalteng.

Hingga saat ini, PWI sudah menggelar 147 uji kompetensi wartawan dan telah menghasilkan 4.727 wartawan dengan predikat berkompeten. Dari jumlah tersebut, di antaranya tujuh kali uji kompetensi wartawan di Kalteng dengan jumlah wartawan yang sudah dinyatakan berkompeten sekitar 250 orang.

"Pemerintah daerah pasti mau membantu karena mereka pusing berhadapan dengan wartawan yang tidak berkompeten. Uji kompetensi wartawan bertujuan untuk mengangkat harkat, martabat, dan kredibilitas wartawan di masyarakat," ucap Sasongko.

PWI juga membuat program nasional yaitu pendidikan dan peningkatan profesionalisme wartawan. Program ini untuk mengembalikan dan menjaga agar profesi wartawan tetap berada di jalurnya.

Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran mendukung upaya peningkatan sumber daya wartawan. Selama ini pemerintah daerah cukup terbantu oleh wartawan dalam mengawal program kerja pemerintah melalui informasi dan kritik membangun yang disampaikan.

"Kemitraan dengan wartawan selama ini sudah bagus dan harus kita tingkatkan. Wartawan yang profesional tentu sangat membantu tugas pemerintah daerah," ucap Diran.

Ketua PWI Kalteng H Sutransyah mengatakan, PWI terus mendukung anggotanya untuk meningkatkan profesionalisme, khususnya melalui uji kompetensi yang akan dilaksanakan secara rutin.

"Tahun ini kami juga menggelar uji kompetensi. Kami menargetkan secepatnya seluruh wartawan menjalani uji kompetensi," kata Sutransyah.

Dia berharap seluruh wartawan memotivasi diri untuk terus meningkatkan profesionalisme. Wartawan mempunyai tugas mulia namun cukup berat untuk turut mencerdaskan masyarakat.