Dokter Spesialis Seruyan Perlu Fasilitas Penunjang Kinerja

id Dokter Spesialis Seruyan Perlu Fasilitas Penunjang Kinerja

Dokter Spesialis Seruyan Perlu Fasilitas Penunjang Kinerja

Ilustrasi (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Riza Syahputra mengatakan, dokter spesialis khususnya yang bertugas di rumah sakit membutuhkan fasilitas penunjang kinerja seperti rumah dan mobil dinas.

"Sarana dan prasarana untuk menunjang tugas dokter spesialis masih perlu ditambah, adapun sarana penunjang yang masih perlu penambahan itu di antaranya rumah dinas dokter spesialis dan mobil dinas untuk operasional," katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia menjelaskan, fasilitas rumah dan mobil dinas diperlukan dokter spesialis untuk menunjang kinerja dalam rangka melayani masyarakat, sehingga kinerja dokter pun diharapkan lebih maksimal.

Selain itu, dengan adanya dua fasilitas penunjang itu, akan memberikan nilai tersendiri untuk menarik minat para dokter spesialis lainnya agar mau bertugas di Seruyan.

"Karena tahun ini kami berencana melakukan penambahan dokter spesialis sebanyak dua orang, jika fasilitas itu bisa direalisasikan Pemkab, maka dokter spesialis yang bertugas akan merasa lebih betah dan nyaman," katanya.

Ia mengatakan, untuk saat ini jumlah dokter spesialis yang sudah bertugas di RSUD sebanyak empat orang yakni spesialis bedah, spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, dan spesialis anak.

"Untuk fasilitas pendukung operasi atau peralatan yang tersedia untuk operasi di RSUD saat ini sudah cukup lengkap, namun apabila tindakan operasi tidak dapat kita lakukan di sini, maka akan dirujuk ke Sampit, tapi sejauh ini setiap pelaksanaan operasi berjalan lancar dan sukses," katanya.

Ia menambahkan, keberadaan dokter spesialis telah memberikan kemudahan tersendiri bagi masyarakat Seruyan khususnya yang ingin memperoleh pelayanan operasi, sehingga mengurangi jumlah rujukan untuk menjalani operasi ke rumah sakit lain.

"Kalau memang kategori operasinya terbilang masih ringan dan dapat ditangani di sini, maka akan segera ditangani, kita berharap dengan keberadaan dokter spesialis di tempat kita, maka masyarakat dapat memanfaatkannya sebaik mungkin," katanya.