Kalteng Masuk Musim Kemarau Awal Juni

id Kalteng Masuk Musim Kemarau Awal Juni

Kalteng Masuk Musim Kemarau Awal Juni

Ilustrasi.(FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah menyatakan awal Juni 2015 merupakan permulaan musim kemarau di wilayah tersebut.

Pernyataan itu diungkapkan Prakirawan BMKG Kalteng, Roland Binery, Senin di Palangka Raya saat dikonfirmasi mengenai kemungkinan awal masuknya musim kemarau di wilayah Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu.

"Berdasarkan data yang kami dapat, awal musim kemarau di sebagian wilayah Kalimantan Tengah kemungkinan terjadi pada Juni dasarian satu atau sepuluh hari pertama dalam hitungan bulan, dan akan terjadi di Kabupaten Kapuas bagian tenggara," kata Roland.

Berdasarkan data, pada 10 hari terakhir Juni hingga 10 hari kedua Juli dipresiksikan wilayah Kabupaten Kapuas bagian tengah, Barito Timur, Barito Selatan, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau baru memasuki kemarau.

Selanjutnya, pada 10 hari kedua Juli hingga 10 hari pertama Agustus wilayah yang memasuki kemarau adalah Kabupaten Murung Raya, Gunung Mas, Kapuas bagian utara, Barito Utara bagian barat, Sukamara bagian selatan, Kotawaringin Barat bagian selatan, Seruyan bagian selatan dan Kabupaten Kotawaringin Timur bagian selatan.

"Untuk Kabupaten Sukamara bagian tengah dan utara, Kotawaringin Barat bagian tengah, Seruyan bagian tengah, Kotawaringin Timur bagian Tengah, Katingan dan kabupaten Lamandau bagian selatan diprediksi musim kemarau akan terjadi pada Juli dasarian dua hingga Agustus dasarian satu," kata Roland.

Ia menjelaskan, meski saat ini Kalteng masih pada musim pancaroba namun hujan berpeluang terjadi mulai hujan ringan bahkan lebat.

"Seperti kemaren terjadi di Palangka Raya, siangnya cuaca panas tiba-tiba malamnya hujan lebat disertai petir. Hujan yang hampir terjadi semalaman itu menyebabkan sebagian wilayah kota tergenang air," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada musim pancaroba yang terkadang bisa hujan lebat itu. Bersihkan saluran air dan jangan sampai tersumbat sehingga air mudah mengalir.