OJK Kalteng Miliki Kantor Sendiri

id OJK Kalteng Miliki Kantor Sendiri

OJK Kalteng Miliki Kantor Sendiri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Otoritas Jasa Keuangan wilayah Provinsi Kalimantan Tengah akhirnya memiliki kantor sendiri yang terletak di jalan G. Obos kota Palangka Raya dengan luas lahan 634 meter prsegi dan luas bangunan 337 meter persegi.

Kepala Kantor OJK Kalteng Iwan M Ridwan saat peresmian, Senin, mengatakan keberadaan kantor baru ini akan semakin mengoptimalkan pelayanan dan mendengarkan tuntutan berbagai pihak yang berkaitan dengan jasa keuangan.

"Sikap optimis tersebut karena kantor baru ini akan semakin memudahkan masyarakat Kalteng berkonsultasi terkait lembaga maupun peluang investasi jasa keuangan," tambahnya.

OKJ Kalteng sejak berdiri 31 Desember 2013 beroperasional di gedung kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) setempat, sehingga mempengaruhi jumlah karyawan dan memperkenalkan kepada berbagai pihak di provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Iwan mengatakan jumlah lembaga jasa keuangan dibidang perbankan di Kalteng berkisar 13 Bank umum konvensional, enam Bank Umum Syariah, empat BPR dan satu BPRS dengan jumlah jaringan kantor mencapai 230.

"Lembaga jasa keuangan non-bank sebanyak 65 yang terdiri dari perusahaan asuransi, penjaminan, pegadaian, dana pensiun, pembiayaan, BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan serta ventura dengan jaringan kantor mencapai 103," ucapnya.

Kepala Kantor OJK Kalteng mengakui keberadaan pihaknya di provinsi ini terbilang baru, sehingga masih membutuhkan jalinan kerjasama yang baik dengan pemerintah, pelaku jasa keuangan dan seluruh lapisan masyarakat.

"Dibukanya kantor OJK Kalteng ini, kami akan berusaha semaksimalnya mendengarkan tuntutan stakeholder yang ada di provinsi ini dalam mewujudkan sistem jasa keuangan efektif serta pelaksanaan edukasi dan perlindungan masyarakat yang baik terlaksana secara realistis," demikian Iwan.

Peresmian kantor baru OJK Kalteng ini dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad yang turut dihadiri Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang.

Peresmian ini merupakan peresmian yang ke enam kantor OJK di seluruh Indonesia, yakni Ambon, Kupang, Yogyakarta, Purwokerto dan Tegal, sehingga secara keseluruhan OJK memiliki 29 KOJK dan enam kantor regional di seluruh Nusantara.