Stok Bulog Buntok Aman Untuk Enam Bulan

id Stok Bulog Buntok Aman, Stok beras di gudang Bulog

Stok Bulog Buntok Aman Untuk Enam Bulan

Ilustrasi, (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Stok beras di gudang Bulog Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di dua kabupaten hingga enam bulan ke depan, kata seorang pejabat di Bulog setempat.

Kepala Kantor Seksi Logistik Buntok, Lenny melalui kepala gudang, Suadi di Buntok, Kamis mengatakan stok beras di gudang saat ini tercatat 562.435 kilogram.

Stok ini diperkirakan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Barsel dan Kabupaten Barito Timur (Bartim) hingga enam bulan ke depan, katanya.

Dia mengatakan, penyaluran beras untuk keluarga miskin di dua kabupaten tersebut rata-rata sebanyak 87 ton per bulan. Jadi, stok yang tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat enam bulan ke depan.

Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan beras, apalagi dalam menghadapi bulan puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah nanti.

Sedangkan untuk kualitas beras dalam gudang tersebut cukup bagus serta terjamin dan jika kualitas beras itu nantinya tidak bagus, berkutu atau berjamur agar dilaporkan kepada pihaknya.

"Jika ada kualitas beras yang tidak bagus laporkan kepada kami. Kami siap menggantikan dengan beras yang lebih baik dan layak untuk konsumsi," kata dia.

Selain itu ia juga mengatakan, pada tahun 2015 ini pihaknya akan melakukan pengadaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat didua kabupaten tersebut. Dia tidak menyebutkan berapa jumlah pengadaan beras tahun 2015.

"Beras itu rencananya akan dibeli dari para petani lokal di kelurahan Bambulung kecamatan Pematang Karau dan dari kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Bartim," demikian Suadi.