Seluruh Penerbangan Sampit Dibatalkan Akibat Pesawat Rusak

id Seluruh Penerbangan Sampit Dibatalkan Akibat Pesawat Rusak, Bandara Sampit

Seluruh Penerbangan Sampit Dibatalkan Akibat Pesawat Rusak

Ilustrasi, Bandara H Asan Sampit (wongtaniku.wordpress.com)

Kami berusaha mematuhi aturan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan terkait masalah keterlambatan keberangkatan ini. Penumpang juga bisa memakluminya,"
Sampit (Antara Kalteng) - Seluruh penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang dilayani Kalstar Aviation, Kamis dibatalkan akibat pesawat maskapai satu-satunya di bandara tersebut mengalami kerusakan.

"Pembatalan ini karena ada kerusakan pada bagian `auxialiary power unit` (APU) yang letaknya di bagian paling belakang pesawat. Alat ini seperti generator kecil untuk menghidupkan kedua mesin pesawat," kata Kepala Kantor Kalstar Aviation Sampit, Novallino di Sampit, Kamis.

Kerusakan tersebut membuat pesawat tidak mungkin untuk diterbangkan. Untuk itulah, manajemen Kalstar membatalkan keberangkatan pesawat yang rencananya terbang ke Jakarta pagi hari, kemudian ke Surabaya pada sore hari.

Akibatnya, sekitar 200 penumpang terpaksa menelan kekecewaan.

Novallino mengaku telah menyampaikan permohonan maaf dan telah memenuhi hak-hak para penumpang. Pihaknya sudah menyerahkan kompensasi pembatalan terbang berupa uang sebesar Rp 150 ribu kepada seluruh penumpang.

"Kami berusaha mematuhi aturan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan terkait masalah keterlambatan keberangkatan ini. Penumpang juga bisa memakluminya," ucapnya.

Saat teknisi sedang memperbaiki kerusakan APU agar pesawat bisa diberangkatkan pada Jumat pagi. Sebagian penumpang ada yang setia menunggu diberangkatkan besok, namun ada pula yang memilih terbang melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya dan Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sementara itu, beberapa penumpang berharap mendapat tambahan dana kompensasi. Pasalnya, mereka yang berdomisili jauh dari Sampit, terpaksa harus menginap karena jika pulang ke rumah jaraknya sangat jauh, padahal biaya penginapan tidak ditanggung maskapai.

Saat ini Kalstar menjadi pemain tunggal karena merupakan satu-satunya maskapai yang beroperasi di Bandara Haji Asan Sampit. Dampaknya, jika pesawat mereka mengalami gangguan maka penumpang hanya bisa pasrah batal berangkat.