Jalan Tabak Kanilan-Kayumban Barsel Perlu Perbaikan

id Jalan Tabak Kanilan-Kayumban Barsel Perlu Perbaikan

Jalan Tabak Kanilan-Kayumban Barsel Perlu Perbaikan

Ilustrasi (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Jalan dari desa Tabak Kanilan menuju desa Kayumban kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dalam kondisi rusak parah dan perlu mendapat perbaikan dari pemerintah.

"Ini perly dilakukan karena kerusakan jalan dari desa Tabak Kanilan menuju Kayumban itu sudah berlangsung lama, dan hingga kini belum juga diperbaiki," kata seorang warga Kayumban, Punut di Buntok, Jumat.

Dia mengatakan, kerusakan terparah terjadi hampir sepanjang satu kilometer, sedangkan selebihnya kerusakan badan jalan tidak terlalu parah karena sudah ada pengerasan menggunakan batu.

"Kalau hujan, jalan yang mengalami kerusakan sepanjang satu km itu membentuk kubangan lumpur sehingga sulit untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat," kata dia.

Padahal menurut dia, jalan tersebut sangat vital bagi warga desa Kayumban, karena merupakan satu satunya akses jalan darat bagi warga menuju ke Tabak Kanilan maupun ke Buntok ibu kota kabupaten.

"Jalan itu juga digunakan setiap hari oleh pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) desa Kayumban menuju ke sekolah mereka yang berada di desa Tabak kanilan," tambah dia.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui instansi terkait dapat memperbaiki ruas jalanyang rusak tersebut sehingga nyaman untuk dilalui kembali oleh warga.

Sementara anggota DPRD Barsel, Astianto yang dikonfirmasi secara terpisah menyatakan sudah mendapat informasi terkait keluhan warga mengenai jalan yang rusak di daerah tersebut.

"Kita berharap pemerintah Barsel melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) memperbaiki ruas jalan tersebut sehingga masyarakat di daerah itu dapat memanfaatkannya," kata politisi partai Demokrat itu.