Polres Kotim Siapkan Posko Pengamanan Lebaran

id Polres Kotim Siapkan Posko Pengamanan Lebaran

Polres Kotim Siapkan Posko Pengamanan Lebaran

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sahlan Kurniawan)

Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah akan mendirikan posko di sejumlah titik untuk mengamankan perayaan lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Pos keamanan akan dibangun di beberapa titik mulai H-7 sampai H+7. Sudah ada titik-titik yang kita nilai menjadi konsentrasi massa sehingga membutuhkan pengamanan lebih personel," kata Kapolres Kotim, AKBP Hendra Wirawan di Sampit, Jumat.

Pasukan disiagakan untuk mengamankan arus mudik lebaran. Titik-titik yang mendapat pengamanan lebih yaitu Pelabuhan Sampit, Terminal Patih Rumbih dan Bandara Haji Asan Sampit. Untuk Pelabuhan Sampit, pengamanannya bahkan sudah ditingkatkan seiring mulai meningkatnya penumpang kapal yang berangkat menuju Semarang dan Surabaya.

Kawasan lain yang menjadi perhatian adalah seputar Taman Kota Sampit karena biasanya kawasan ini menjadi pusat keramaian. Selain itu, kawasan arah luar kota seperti di sekitar bundaran tugu Adipura di Jalan Tjilik Riwut juga mendapat perhatian karena jalur tersebut banyak dilalui pemudik.

"Nanti usai lebaran, kita bergeser ke objek wisata, khususnya Pantai Ujung Pandaran yang selalu ramai pengunjung. Kami berharap keadaan tetap kondusif," harap Hendra.

Dia meminta warga yang hendak mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, memastikan bahwa rumah mereka sudah dikunci dan tidak ada hal-hal yang bisa memicu kebakaran seperti percikan kompor maupun penggunaan jaringan listrik. Jika ada tetangga atau keluarga yang bisa dipercaya, disarankan untuk menitipkan kunci rumah sehingga bisa diawasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kotim juga berencana mendirikan posko memantau arus mudik lebaran. Tidak hanya di kawasan kota, tetapi juga di jalur menuju pedalaman.

"Ada empat posko yang akan dibangun. Tidak cuma di jalur antar kabupaten, tetapi juga di jalur menuju kawasan pedalaman. Sebelum H-15 lebaran, posko itu sudah siap," kata Kepala Dishubkominfo Kotim, H Fadlian Noor.

Empat posko mudik tersebut merupakan tambahan yang akan didirikan Dishubkominfo. Empat posko itu didirikan yakni dua posko di kawasan Kota Sampit yaitu di Terminal Patih Rumbih serta di dermaga untuk memantau angkutan sungai, sedangkan dua posko lainnya yaitu di Samuda menuju arah selatan dan di Parenggean yang merupakan jalur menuju enam kecamatan di kawasan hulu atau utara Kotim.

Selain di empat posko itu, petugas dari Dishubkominfo juga disebar di posko-posko gabungan dengan instansi lainnya. Keberadaan posko ini untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas serta membantu jika ada pemudik yang mengalami masalah di jalan.