Bupati Sukamara Buka Puasa Bersama Masyarakat

id buka puasa, bupati sukamara ahmad dirman, Bupati Sukamara Buka Puasa Bersama Masyarakat

Bupati Sukamara Buka Puasa Bersama Masyarakat

Bupati Sukamara, Ahmad Dirman beserta isteriHj Nuni Ludia Ahmad Dirman saat foto bersama anak yatim dan anak kurang mampu (FOTO ANTARA Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng ) - Bupati Sukamara Kalimantan Tengah H Ahmad Dirman mengatakan acara buka puasa bersama ini dihadiri para tokoh masyarakat dan agama, serta pemuda dan anak-anak yatim merupakan acara rutin di bulan Ramadhan setiap tahunnya.

"Kalau bukan bulan Ramadhan kemungkinan untuk berjumpa, bertatap muka antara pemerintah dengan masyarakat terutama masyarakat lapisan bawah hanya sedikit, karena masing-masing ada kesibukan sehingga jarang sekali bertatap muka. Dan bulan yang baik ini kita memanfaatkan untuk bersilaturrahmi," kata Dirman di Sukamara

Sebelum berbuka puasa diisi dengan siraman rohani oleh Ustadz H Ahmad Hofajoh yang mengupas keutaman bulan suci Ramadhan. Dikatakannya, selama 10 hari pertama bulan Ramadhan Allah SWT memberikan rahmat  dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang dilakukan selama puasa, dan 10 hari kedua Allah memberikan maghfirah (ampunan) dan hari 10 terakhir Allah memberikan pembebasan dari api neraka.

"Sebagian ulama kita membagi fase bulan Ramadhan dengan tiga bagian. Fase pertama, yaitu 10 hari pertama adalah sebagai fase rahmat, 10 hari kedua atau pertengahan adalah fase maghfiroh, serta fase ketiga atau 10 hari terakhir adalah fase pembebasan dari api neraka. Maka saat ini kita berada dalam fase ketiga, yaitu fase pembebasan dari api neraka," jelas Hufajoh

Selain itu, dia meminta dalam bulan Ramadhan agar memperbanyak melakukan amal ibadah, dengn amal ibadah tersebut akan mengembalikan hamba kepada fitrahnya.

"Apalagi pada saat sepuluh hari terakhir kalau kita melaksanakan amal ibadah  niscaya kita akan menemui malam lailatul qadar, sedangkan malam lailatul qadar merupakan malam yang baik, dimana dikatakan apapun permintaan akan dikabulkan," jelas Hufajoh

Hufajoh juga mengajak semua yang hadir untuk meningkatkan amal ibadah bukan saja pada saat bulan Ramadhan akan tetapi setelah bulan Ramadhan harus dapat mengubah perilaku agar lebih baik lagi.