KNPI Siap Sukseskan Pilkada di Kalteng

id knpi kalteng, pilkada kalteng, pilkada kotim

KNPI Siap Sukseskan Pilkada di Kalteng

Ketua KNPI Kalteng Fairid Naparin. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Wilayah Kalimantan Tengah Fairid Naparin menyatakan siap membantu menyukseskan pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Timur pada 9 Desember 2015

KNPI Kalteng akan proaktif mendorong pemuda agar bagian terdepan mengkampanyekan antigolput serta terlibat mengawasi pelaksanaan pilkada, kata Fairid di Palangka Raya, Selasa.

"Itu kami lakukan karena lebih menginginkan pelaksanaan Pilkada di Kalteng berjalan dengan sukses dan tanpa kecurangan, dibandingkan harus mendukung salah satu calon gubernur," tambah dia.

Upaya terlibat menyukseskan Pilkada, KNPI Kalteng telah menjalin kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat untuk mengadakan pelatihan peran pemuda dan teknik mengawasi pilkada.

Ketua KNPI itu mengatakan dalam pelatihan tersebut para pemuda juga akan diberikan pemahaman terkait aturan pilkada, bentuk kecurangan yang mungkin dilakukan para calon maupun timnya dan langkah mengantisipasi.

"Pemuda harus bisa menjadi garda terdepan mengantisipasi kecurangan, khususnya politik uang. Pemuda harus menyatukan gerakan agar pilkada di Kalteng menghasilkan pemimpin yang semakin mempercepat pembangunan," kata Fairid.

Anak dari Ketua DPD Partai Golkar Kalteng itu menyebut luasnya wilayah dan kayanya sumber daya alam di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini merupakan potensi yang dapat mempercepat pembangunan dan menyejahterakan masyarakat.

Dia mengatakan semua potensi Kalteng tersebut harus lebih dikelola dan dipimpin pemimpin yang baik, handal, teruji dan berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat.

"Jika pun masing-masing individu kita punya hak dalam memilih tentu yang akan didukung adalah mereka yang memang berpihak kepada Masyarakat. Pemimpin ke depan juga harus memberikan perhatian kepada Pemuda di Kalteng," demikian Fairid.