Diran Harap Gapensi Proaktif Bantu Salurkan THR

id Diran Harap Gapensi Proaktif Bantu Salurkan THR, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Achmad Diran

Diran Harap Gapensi Proaktif Bantu Salurkan THR

Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran saat buka puasa bersama di GAPENSI Kalteng mengharapkan pekerja lepas jasa kontruksi diberikan THR, Senin (6/7/2015). (FOTO ANTARA Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Achmad Diran mengharapkan GAPENSI setempat proaktif mendorong perusahaan jasa kontruksi berkenan menyalurkan tunjangan hari raya kepada para pekerja.

Tukang maupun buruh yang sifatnya pekerja lepas juga berhak mendapatkan THR karena telah membantu pengusaha menyelesaikan proyek dan mendapatkan keuntungan, kata Diran di Palangka Raya, Selasa.

"Walau tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait pekerja lepas, tapi kan tidak ada salahnya berbagi rezeki setahun sekali. Tidak harus besar, tapi ada. Saya rasa itu sangat bermanfaat bagi pekerja lepas," tambahnya.

Mantan Bupati Barito Selatan itu menyebut pekerja lepas banyak di jasa kontruksi, sehingga peran GAPENSI sangat penting mendorong para pengusaha, khususnya yang tergabung di dalamnya menyisihkan sedikit keuntungan untuk THR.

Dia mengatakan, kebutuhan masyarakat, khususnya umat muslim, saat hari raya Idul Fitri akan sangat besar dibandingkan hari-hari biasanya, sehingga bantuan dari para pengusaha menyisihkan sedikit rezeki untuk THR sangat dibutuhkan.

"Pekerja lepas itukan juga berjasa bagi para pengusaha jasa kontruksi. Jadi, tidak ada salahnya memberikan THR. Saya berharap THR itu diberikan setidaknya 2 minggu sebelum Idul Fitri," kata Diran.

Ketua GAPENSI Kalteng Muhammad Rizal mengatakan, telah mengeluarkan intruksi agar menyalurkan THR kepada para pekerjanya sesuai ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi.

Meski begitu, dirinya menyadari intruksi tersebut dapat dilaksanakan pengusaha jasa kontruksi apabila kinerjanya telah sesuai termin, dan pemerintah langsung mencairkan anggarannya.

"Gapensi berharap dana termin yang telah diselesaikan kontraktor jasa kontruksi bisa segera dicairkan. Tapi, kami optimis pengusaha jasa kontruksi mempersiapkan dana THR. Kan ini dilakukan setiap tahun," demikian Rizal.