Polres Barito Utara Siapkan 3 Pos Lebaran

id Polres Barito Utara Siapkan 3 Pos Lebaran

Polres Barito Utara Siapkan 3 Pos Lebaran

Ilustrasi. (Foto Alfa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Jajaran Polres Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyiapkan tiga pos pelayanan dan pengamanan untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2015.

"Tiga pos pelayanan arus mudik ini diharapkan dapat memberikan keamanan bagi warga yang bepergian keluar daerah dan sebaliknya dalam menyambut Idul Fitri 1436 Hijriyah," kata Kapolres Barito Utara AKBP Nurhandono di Muara Teweh, Selasa.

Tiga pos pelayanan itu antara lain di kawasan Pasar Barito Permai Muara Teweh, pos kawasan Jalan negara Muara Teweh - Banjarmasin kawasan Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru dan kilometer 8 Jalan Negara Muara Teweh - Puruk Cahu.

Menurut Nurhandono, dalam menyambut Lebaran ini pihaknya bersama instansi terkait akan melakukan gelar pasukan Operasi Ketupat Talabang 2015.

"Kami harapkan perayaan Lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar, kami tetap melakukan pengamanan untuk ketertiban masyarakat," katanya didampingi Kasat Lantas AKP I Kadek Vemil.

Pada kesempatan itu Kapolres Barito Utara mengajak dan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah setempat lebih waspada dan mengantisipasi terjadi gangguan kamtibmas dengan menciptakan situasi yang kondusif.

Apabila warga masyarakat yang akan menabung atau mengambil uang tunai ke bank-bank dalam jumlah besar, mintalah bantuan kepada petugas keamanan dalam hal ini Polri demi keamanan harta dan keselamatan jiwa dan tidak dipungut biaya.

"Dengan meminta bantuan kepada pihak keamanan bank-bank atau Polri hal ini untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas," ujar Nurhandono.

Dia mengatakan, kepada orang tua agar bisa mengawasi anak-anaknya untuk tidak melakukan balapan liar menjelang buka puasa, sesudah shalat tarawih dan sesudah shalat subuh, dilarang membunyikan petasan baik sebelum dan pada saat shalat Tarawih.

Apabila warga masyarakat bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor hendaknya terlebih dahulu memeriksa kelengkapan kendaraan dan jangan lupa membawa SIM dan STNK.

"Bagi pengguna kendaraan roda dua jangan lupa menggunakan helm pengaman yang standar depan dan belakang, sedangkan untuk kendaraan roda empat pakailah sabuk pengaman demi keselamatan diri sendiri," jelas dia.