Dinkes Kotim Siagakan Puskesmas Untuk Layani Pemudik

id Dinkes Kotim Siagakan Puskesmas, layani para pemudik kotim

Dinkes Kotim Siagakan Puskesmas Untuk Layani Pemudik

Ilustarsi(FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menyiagakan Puskesmas untuk melayani pemudik yang mengalami permasalahan kesehatan dan memberikan pertolongan ketika terjadi kecelakaan.

"Kami telah mengintruksikan untuk siaga, terutama Puskesmas yang berada di jalur mudik lebaran, seperti di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tjilik Riwut dan H.M Arsyad," kata Kepala Dinkes Kotim Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Selasa.

Menurut Faisal, berdasarkan pengalaman arus mudik tahun-tahun sebelumnya, diare menjadi permasalahan kesehatan yang sering dialami para pemudik.

"Hal itu dialami pemudik mungkin karena sepanjang perjalanan mereka mengunsumsi makanan tidak terkontrol aspek higienitasnya," ungkapnya.

Faisal menambahkan, selain menyiapkan Puskesmas, dalam mengantisipasi permasalahan para pemudik, Dinkes Kotim juga menyiagakan para petugas kesehatan pada setiap posko mudik terpadu yang didirikan bersama dengan instansi terkait.

"Di setiap posko mudik terpadu, paling tidak ada tiga orang tenaga kesehatan yang siagakan, yang terdiri dari satu dokter, perawat, dan sopir," katanya.

Faisal juga mengimbau pemudik untuk lebih menjaga kesehatan selama berada di perjalanan, menghindari mengunsumsi makanan yang tidak sehat.

Selain itu pemudik yang mengendarai kendaraan juga diminta untuk beristirahat saat merasa lelah dan mengantuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kotim, Fadlian Noor mengatakan, nantinya akan mendirikan posko terpadu di sejumlah titik strategis menyambut arus mudik Lebaran 2015.

"Posko terpadu tersebut nantinya akan didirikan pada titik-titik tertentu yang ramai dilintasi pemudik, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Tjilik Riwut, Jalan H.M Arsyad, Bandara Haji Asan Sampit dan Pelabuhan Sampit," katanya.

Dalam posko tersebut para pemudik bisa mendapatkan sejumlah informasi termasuk pemberian pelayanan kesehatan.