KPU Barut Gelar Bimtek Pilkada Kalteng

id pilkada kalteng, KPU barito utara, KPU

KPU Barut Gelar Bimtek Pilkada Kalteng

Bupati Barito Utara, Nadalsyah membuka bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih untuk Panitia Pemilih Kecamatan pada sembilan kecamatan dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Tengah 9 Desember 2015. (FOTO Antara Kalteng/K

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Komisi Pimilihan Umum Kabupaten Barito Utara, menggelar bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih untuk Panitia Pemilih Kecamatan pada sembilan kecamatan di daerah setempat dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada 9 Desember 2015.

"Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada 9 Desember 2015 merupakan peristiwa politik yang cukup bersejarah bagi masyarakat di Kalteng karena menjadi bagian yang pertama dari pemilukada serentak di Tanah Air," kata Bupati Barito Utara (Barut), Nadalsyah saat membuka Bimtek di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut Nadalsyah, pelaksanaan pesta demokrasi yang merupakan kedaulatan rakyat tertinggi untuk memilih Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang berlangsung aman, tertib dan demokratis menjadi kewajiban bagi kita semua untuk memastikannya agar dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Karena itu KPU Kabupaten Barito Utara, PPK, PPS, PPDP maupun KPPS yang nantinya akan melaksanakan seluruh tahapan Pilgub tahun 2015 dapat bekerja dengan baik dan profesional sesuai kode etik serta azas pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia dan jurdil.

"Salah satu tahapan yang sangat penting dan sangat menentukan bagi keberhasilan dan tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Barito Utara adalah dapat terdaftarnya seluruh masyarakat yang memiliki hak untuk memberikan suara pada pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2015," katanya.

Untuk itu, kata Bupati Nadalsya, pemerintah Kabupaten Barito Utara menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan bimtek pemuktahiran data pemilih yang diadakan KPU untuk PPK se-Kabupaten Barito Utara ini.

Melalui kegiatan tersebut, dia berharap PPK se Kabupaten Barito Utara dapat mengikutinya dengan baik dan seksama sehingga nantinya dapat meneruskan pengetahuan dan pemahaman yang didapat dalam bimtek ini kepada panitia pemungutan suara (PPS).

Petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) se Barito Utara sehingga dalam melaksanakan tugasnya untuk melakukan pencermatan dan memuktahirkan data pemilih pemilu di Kabupaten Barito Utara dapat terlaksana dengan baik dan benar.

"Data pemilih yang benar dan akurat dapat terlihat dengan telah terdaftarnya semua kalangan masyarakat yang memenuhi syarat dan memiliki hak pilih sebagai pemilih pada pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang nantinya akan kita laksanakan," ujar Nadalsyah.

Sementara, Ketua KPU Barito Utara, Alamsyah mengatakan tujuan dari bimtek ini untuk melatih dan membimbing anggota PPK agar dapat memahami mengenai teknis pemutakhiran data pemilih.

Selain itu membekali anggota PPK yang nantinya akan memberikan pelatihan sejenis kepada anggota PPK dan PPDP diwilayah masing-masing.

"Kegiatan ini diikuti masing-masing dua orang anggota PPK di Barito Utara. Dan kegiatan dilaksanakan selama dua hari," katanya.