Gubernur Sebut ASI Ciptakan Generasi Terbaik Bangsa

id Gubernur Sebut ASI Ciptakan Generasi Terbaik Bangsa, Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang

Gubernur Sebut ASI Ciptakan Generasi Terbaik Bangsa

Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang. (Istimewa)

....Saya yakin asi eksklusif yang didukung gizi seimbang mampu mewujudkan itu,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyebut air susu ibu merupakan salah satu cara menciptakan generasi terbaik bangsa Indonesia.

Sekarang ini seluruh Negara di dunia ini berlomba menciptakan generasi terbaik yang berguna dan mampu memajukan negaranya, kata Teras Narang saat memimpin Kampanye ASI Eksklusif dalam rangka 1.000 Hari Pertama Kehidupan di Palangka Raya, Rabu.

"Indonesia, khususnya provinsi Kalteng jangan sampai tertinggal melahirkan dan menciptakan generasi terbaik. Saya yakin asi eksklusif yang didukung gizi seimbang mampu mewujudkan itu," ucapnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai' itu menyebut ASI bukan sekedar kewajiban para ibu kepada anaknya tanpa memperhatikan makanan yang di konsumsi.

Teras Narang mengatakan para ibu, baik sedang hamil maupun sedang menyusui, harus disiplin menjaga kesehatan hingga makanan di konsumsi agar ASI yang diberikan sangat bermutu bagi perkembangan anak.

"Tolong diupayakan kepada para ibu yang sedang hamil ataupun menyusui untuk menahan diri memakan gorengan maupun pentol, tapi memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan," ujarnya.

Gubernur dua periode dan akan berakhir 4 Agustus 2015 itu menegaskan bila para ibu di Kalteng tidak menjaga kesehatan, sembarangan mengonsumsi makanan serta kurang optimal memberi ASI kepada anaknya, jangan salahkan atau sedih jika kualitas anak dari daerah lain lebih berkualitas.

Dia mengatakan kualitas anak itu tergantung dengan upaya dari para orangtua, khususnya para ibu. Sebab, ibu yang mengandung hingga melahirkan serta menyusuinya.

"Saya mengharapkan masyarakat, khususnya para ibu di Kalteng ini konsisten memberi ASI kepada anaknya dari lahir hingga berumur 1.000 hari," demikian Teras Narang.