Dua Koperasi Barito Utara Raih Prestasi Nasional

id Dua Koperasi Barito Utara Raih Prestasi Nasional, UMKM Barito Utara, Mastur

Penyerahan piagam penghargaan koperasi tingkat nasional ini akan diserahkan pada puncak Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke 65..."
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dua koperasi di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah berhasil meraih prestasi di tingkat nasional tahun 2015.

"Kedua koperasi tersebut yaitu Primer Koperasi Polres (Primkoppol) Barito Utara dengan jenis koperasi konsumen, dan Koperasi Annisa Muara Teweh jenis Kopersai Simpan Pinjam (KSP)," kata Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Barito Utara, Mastur di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Mastur, dua koperasi ini sebelumnya telah diseleksi dari tingkat kabupaten hingga tingkat Provinsi Kalteng.

Dari seleksi ini masing masing koperasi ini mendapatkan juara I, dan kemudian mengikuti seleksi di tingkat nasional dan akhirnya meraih penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM RI AAGN Pusprayoga yang diserahkan pada puncak Hari Koperasi ke 68 tingkat nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Penyerahan piagam penghargaan koperasi tingkat nasional ini akan diserahkan pada puncak Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke 65 di arena Tiara Batara Muara Teweh oleh Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang pada Kamis (30/7)," katanya.

Sedangkan untuk untuk koperasi yang meraih penghargaan di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah akan diserahkan oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah pada Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke 65.

Mastur mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada koperasi-koperasi yang telah meraih prestasi pada tahun 2015 serta seluruh pihak yang terkait, baik ditingkat Provinsi Kalteng maupun di tingkat nasional.

Kepada koperasi-koperasi lainnya yang ada di Kabupaten Barito Utara untuk dapat meningkatkan kinerja koperasinya masing-masing, sehingga nantinya akan meraih penghargaan baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional.

"Pada akhirnya dapat menimbulkan banyak efek yang berdampak pada pemberdayaan ekonomi masyarakat di Barito Utara, hal ini juga selaras dengan ikut serta mensukseskan program percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan melalui wadah koperasi termasuk pelaku UMKM di barito Utara," jelas dia.

Di samping itu dengan adanya prestasi kedua koperasi tersebut diharapkan lebih memacu atau memotivasi perkembangan kedua koperasi yang bersangkutan.

"Khususnya koperasi-koperasi di Barito Utara pada umumnya untuk terus bersaing mengembangkan usaha-usahanya dalam rangka program percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan melalui wadah koperasi di Barito Utara," ujarnya.