Calon Haji Asal Kotawaringin Timur 125 Orang

id calon haji, haji kotim

Calon Haji Asal Kotawaringin Timur 125 Orang

Ilustrasi - Calon Haji Kotawaringin Timur diberi vaksin meningitis. (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Sebanyak 125 calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, telah memenuhi persyaratan untuk diberangkatkan pada tahun ini.

"Awalnya sesuai kuota yang kita dapat dari provinsi, jumlahnya ada 128 orang, tapi kemudian ada yang mundur karena hamil tua, sakit dan lainnya sehingga totalnya hanya 125 orang. Saat kita dapat kuota tambahan pun juga ada yang mundur, makanya yang akan berangkat 125 orang itu," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kotim, H Syamsudin di Sampit, Jumat.

Seluruh calon haji tersebut sudah mengambil perlengkapan dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Mereka juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur yang telah ditetapkan pemerintah.

Manasik haji rencananya akan dilaksanakan di Islamic Center pada 10 hingga 13 Agustus nanti. Dari data yang ada, calon haji paling muda berusia 20 tahun, sedangkan paling tua berusia 87 tahun.

Kondisi kesehatan para calon haji akan terus dipantau oleh dokter yang ditugaskan mendampingi mereka. Terlebih bagi calon haji yang sudah lanjut usia akan menjadi prioritas mengingat mereka rentan sakit, apalagi kondisi cuaca di tanah suci berbeda dibanding di Kotim.

"Kita doakan saja semoga semua berjalan lancar dan jemaah haji bisa kembali ke rumah dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur," harap Syamsudin.

Animo umat Islam di Kotim untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Saat ini daftar tunggu jemaah calon haji di Kotim sudah mencapai 2000 orang dan diperkirakan baru habis diberangkatkan hingga 19 tahun ke depan. Tahun ini Kalteng mendapat kuota haji sebanyak 1.080 orang, ditambah petugas sehingga menjadi sekitar 1.200 orang.