Distribusi Logistik Pilkada Rawan Hambatan di Murung Raya

id logistik pemilu, pilkada kalteng, murung raya

Distribusi Logistik Pilkada Rawan Hambatan di Murung Raya

Logo Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Distribusi logistik dan hasil pemungutan suara pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 9 Desember 2015, rawan hambatan di Kabupaten Murung Raya.

Bukan hanya pendistribusian tapi juga Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akan kesulitan sulit memantau, kata Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph di Palangka Raya, Jumat.

"Penyebabnya karena masih ada beberapa jalan ke desa atau kecamatan di Kabupaten Murung Raya belum di aspal. Desember itu kan cenderung musim hujan, jadi jalannya berlumpur dan licin," tambah dia.

Selain pendistribusian logistik Pilkada Kalteng terhambat, pengurangan atau penggabungan tempat pemungutan suara (TPS) juga rawan membuat masyarakat di Kabupaten Murung Raya banyak tidak menggunakan hak pilihnya.

Perdie pun menyarankan agar penyelengara pemilu tingkat kecamatan maupun desa tetap memperhatikan jarak pemukiman penduduk dengan TPS, sehingga pemilih mudah mengunakan hak pilihnya.

"Kalau untuk pendistribusian logistik dan mengambil hasil pemungutan suara, kami siap membantu penyelenggara Pemilu. Pemerintah Kabupaten Murung Raya akan menyediakan kendaraan operasional yang memadai," ucapnya.

Bupati Murung Raya itu pun meminta satuan biaya umum (SBU), baik KPU dan Bawaslu provinsi secepatnya diterbitkan, sehingga KPU/Panwaslu Kabupaten Kota dan Panwaslu dapat menyusun kegiatan, dengan begitu tidak terjadi Duplikasi dengan Pusat dan Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sedangkan untuk dana Pakaian, Honor dan biaya pelatihan Linmas tidak dianggarkan KPU, melainkan Provinsi atau Kabupaten/Kota dan hanya berupa tanda pengenal atau lembaran kain bertuliskan Pamlinmas diikatkan pada lengan sebelah kiri petugas.

"Pelantikan sekretariat Panwaslu Kabupaten setempat agar segera dilaksanakan Bawaslu Kalteng. Sampai sekarang ini kan belum dilantik Bawaslu Kalteng," ucapnya.

Pemkab Murung Raya juga akan melaksanakan Deklarasi Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, agar siap menang dan siap kalah pada pelaksanaan Pilgub tahun 2015.