Calon Paskibraka Barito Utara Ikuti Diklat

id paskibraka barut, calon paskibraka

Calon Paskibraka Barito Utara Ikuti Diklat

Bupati Barito Utara Nadalsyah bersama Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya serta pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) foto bersama usai pembukaan dilkat, di rumah Betang Muara Teweh, Minggu. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tahun 2015 mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam bentuk pemustaan latihan di rumah betang Muara Teweh.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pelatih yang telah bekerja keras mulai dari menyeleksi calon Paskibraka hingga terpilih 45 orang siswa dan siswi terbaik dari SMA, SMK dan MAN yang ada di daerah ini, untuk selanjutnya mendidik dan melatih anak-anak calon Paskibraka selama 17 hari," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah saat membuka diklat Paskibraka kabupetan setempat di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Nadalsyah, sebagai generasi muda calon penerus pembangunan bangsa, terutama kepada anak-anak pasukan pengibar bendera pusaka diharapkan dapat menjadi pemuda yang gemar bekerja keras, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia untuk mencapai kemajuan bersama bagi bangsa dan negara.

Dibukanya secara resmi pelatihan diklat ini sebagai anggota Paskibraka di Kabupaten Barito Utara yang akan bertugas mengibarkan bendera pada upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan yang ke-70 tahun 2015.

"Kepada orang tua/wali dan anak-anak Paskibraka saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kalian sebagai paskibraka. Anggota Paskibraka adalah pemuda-pemudi pilihan, kalian harus bangga, karena untuk menjadi Paskibraka ini tidaklah mudah, namun harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih," katanya lagi.

Kepada para calon Paskibraka diharapkan agar tidak menganggap rintang tugas dan laksanakanlah dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab, karena ada ribuan pasang mata yang akan menyaksikan kalian dilapangan dalam menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka. Persiapkan diri kalian baik-baik sekarang ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Utara, Inriaty Karawaheni menjelaskan diklat bagi calon anggota Paskibraka tahun 2015 ini diikuti oleh 45 orang peserta yang terdiri dari 21 orang putra dan 20 orang putri, yang berasal dari SLTA di sembilan kecamatan se Barito Utara.

"Adapun materi dan bentuk latihan yang diberikan pada kegiatan ini secara garis besar mengenai pengetahuan dan keterampilan baris berbaris, tata upacara dan protokoler upacara kenegaraan, kedisiplinan dan tanggung jawab, semangat dan motivasi serta penyuluhan dan ceramah yang diberikan setiap malam," ujarnya.