Pedagang Bendera Musiman Mulai Terlihat di Buntok

id penjual bendera, penjual bendera merah putih di buntok

Pedagang Bendera Musiman Mulai Terlihat di Buntok

Penjual bendera, umbul-umbul dan pernak pernik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pahlawan Buntok. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pedagang bendera musiman mulai terlihat di kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendekati HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-70 RI.

Pantauan Antara di Buntok, Minggu, pedagang musiman yang menjual bendera, umbul-umbul berwarna-warni dan pernak-pernik tujuh belasan itu sudah terlihat di jalan Panglima Batur, Pelita Raya dan di Jalan Pahlawan.

Salah seorang pedagang bendera asal Bandung Jawa Barat, Odas mengatakan bahwa dirinya memulai menggelar dagangannya di Jalan Pahlawan sejak seminggu yang lalu.

"Berjualan bendera dan pernak-pernik ini merupakan kebiasaan rutin yang saya lakukan setiap menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI," katanya.

Ia mengatakan, pernak pernik berupa bendera maupun umbul-umbul berwarna-warni yang dia jual tersebut adalah hasil buatannya sendiri.

"Untuk harga satu lembar bendera atau umbul-umbul bervariasi tergantung dari ukurannya dan untuk harga dalam setiap lembarnya berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp65 ribu," ujar Odas.

Menurut dia, saat ini penjualan benderanya masih sepi dan dalam sehari hanya bisa laku antara dua hingga tiga lembar bendera saja.

"Biasanya seperti tahun lalu pembeli mulai ramai membeli bendera seminggu sebelum HUT RI dan bila sudah ramai bendera yang laku terjual diatas dua puluh lembar, sedangkan omzet penjualannya bisa mencapai jutaan rupiah," ungkapnya.

Ia mengharapkan, keuntungan penjualan bendera dan pernak-pernik di Buntok tahun ini bisa melebihi saat di berjualan di sejumlah kabupaten lainnya di wilayah Indonesia.