BLH Barut Lomba Kebersihan Kantor Dan RT

id BLH Barut Lomba Kebersihan Kantor Dan RT, HUT RI, Muara Teweh

BLH Barut Lomba Kebersihan Kantor Dan RT

Tim Penilai lomba kebersihan lingkungan kantor dan RT sebelum melakukan penilaian foto bersama Kepala Badan Lingkungan Hidup Barito Utara, Ir Suriawan Prihandi. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membentuk tim penilai lomba kebersihan ditingkat lingkungan RT, dan lingkungan Dinas, Kantor, Instansi di lingkungan pemerintah kabupaten setempat dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-70.

"Pembentukan tim penilai lomba kebersihan dilingkungan RT di empat kelurahan dalam kota Muara Teweh, melibatkan unsur independent seperti wartawan dari organisasi dari PWI Kabupaten Barito Utara dan para dari Dinas instansi terkait," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Barito Utara (Barut) Suriawan Prihandi di Muara Teweh, Senin.

Lomba kebersihan lingkungan RT dan lingkungan kantor sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perkotaan akan kebersihan lingkungan dalam rangka mensukseskan target piala Adipura pada tahun 2015.

Waktu penilaian dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2015. Untuk lomba kebersihan lingkungan RT diikuti sebanyak delapan RT. Kelurahan Lanjas diikuti enam RT, Kelurahan Melayu ada satu RT dan Kelurahan Jingah satu RT.

"Unsur-unsur yang dinilai meliputi kebersihan lingkungan, gapura, umbul-umbul dengan kreteria penilaian untuk kebersihan lingkungan seperti kondisi sampah dilingkungan RT, ada tidak tampat sampah sementara (TPS)," katanya.

Suriawan mengatakan komponen yang dinilai adalah gapura yang meliputi unsur kreativitas dan keindahan, kombinasi warna dan unsur etnis kedaerahan. Sedangkan kebersihan meliputi kebersihan parit atau drainase, penghijauan dan ketersediaan bak atau tempat sampah.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri pada 17 Agustus 2015 untuk juara lomba kebersihan di tingkat RT, juara pertama diraih RT 04 Jalan Keladan Kelurahan Lanjas, juara kedua RT 08 Jalan Gang Bahagia Kelurahan Lanjas, juara ketiga RT 27 Jalan Simpang Pramuka Kelurahan Lanjas.

Kemudian juara harapan I diraih RT 14 Jalan Semoga Indah, harapan dua RT 20 A Jalan Mawar Kelurahan Melayu dan harapan tiga diraih RT 01 Jalan Swakarya Kelurahan Jingah.

Sedangkan lomba kebersihan SKPD, juara I diraih Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara, juara dua Sekretariat Daerah, juara ketiga Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Harapan I diarih Bappeda, harapan II Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan harapan III Kecamatan Teweh Tengah.

"Penyerahan piagam penghargaan untuk juara lomba kebersihan di tingkat RT dan SKPD akan diserahkan pada malam resepsi kenegaraan di gedung Balai Antang Muara Teweh, pada Senin malam ," kata Suriawan Prihandi.