Kebakaran Rumah Rugikan Pemilik Rp400 Juta

id Kebakaran Palangkaraya, Meubel Terbakar, jalan arut palangkaraya, 2 Rumah dan 1 Gudang Meubel Terbakar Di Palangka Raya

Kebakaran Rumah Rugikan Pemilik Rp400 Juta

Kebakaran yang menghanguskan dua rumah dan satu gudang meubel di Jalan Arut, Palangka Raya, Sabtu pagi (29/8/2015) (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kebakaran yang menghanguskan dua rumah dan satu gudang meubel di Jalan Arut, Palangka Raya, Sabtu pagi, menyebabkan pemilik rugi sekitar Rp400 Juta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (PBPB dan Damkar) Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi Umanur Gayo di lokasi kejadian menerangkan, kerugian tersebut terdiri dari Rp250 juta estimasi kerugian bangunan dan sisanya untuk prabotan lain.

"Bangunan yang terbakar satu gudang mebel dan dua rumah dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp400 juta, terdiri dari Rp250 juta untuk nilai bangunan dan Rp150 untuk barang-barang lainnya," kata Anwar.

Ia mengatakan setidaknya 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah itu.

"Tiga dari damkar pemkot, delapan dari pemadam swakarsa dan ditambah lima mobil pemadam pick up. Api berhasil dijinakkan setelah sekitar setengah jam tim berjibaku dengan api," katanya.

Pada kebakaran yang terjadi di Jalan Arut, RT 03, RW 04, No 70, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, tidak ditemukannya korban jiwa.

"Kebakaran itu melanda rumah milik bapak Rusliansah dan Hermansah. Dari informasi kedua korban masih satu keluarga. Rumah mereka memang bersebelahan sehingga cepat menjalar. Tetapi karena rumah mereka agak jauh dari tetangga jadi kebakaran tidak menyebar ke mana-mana," kata mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Palangka Raya itu.

Berdasarkan informasi di lapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Tak lama berselang pihak pemadam tiba di lokasi dan si jago merah berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.45 WIB.

"Diperkirakan kebakaran berawal dari gudang meubel dan akibat arus pendek listrik," katanya.

Sementara itu, Kanit Reskrim, Polsek Pahandut, Palangaka Raya, IPDA Jaka Waluyo di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Polres Palangka Raya guna memastikan penyebab kejadian.

"Kami akan koordinasi dengan polres guna memastikan penyebab kebakaran tersebut," kata Jaka.