Ilham Samudra Terpilih Sebagai Duta Lingkungan Barut

id Duta Lingkungan Barut, Kepala BLH Barito Utara Suriawan

Ilham Samudra Terpilih Sebagai Duta Lingkungan Barut

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Barito Utara, Fauzul Risma menyerahkan piala dan tropy kepada juara I pemilihan Duta Lingkungan Hidup tahun 2015 di Muara Teweh (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Ilham Samudra terpilih sebagai Duta Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tahun 2015 yang digelar pada 29 Agustus 2015.

"Dalam pemilihan duta lingkungan itu peserta wajib mengetahui pengetahuan lingkungan, pengusaan bahasa Inggris dan penampilan (Performance)," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Barito Utara (Barut), Suriawan Prihandi di Muara Teweh, Senin.

Menurut Suriawan, tahun 2015 Ilham Samudra merupakan lulusan Staffordhire Universitas Malaysia terpilih sebagai duta lingkungan hidup Kabupaten Barut dengan jumlah nilai 85.

Juara II Yosefina Jarri Tawi dari SMAN 1 Muara Tewej, juara III, Aldalia Kirananta SMAN 4 Muara Teweh. Juara harapan I dari SMAN 4 Muara Teweh Novi Anggraeni, juara harapan II Apipah Alawiah SMAN 1 Montallat dan juara harapan III Safna Wira A Irandya Mahreza dari SMAN 1 Muara Teweh.

"Kita mengharapkan pemenang mampu menyosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan hidup kepada masyarakat," katanya didampingi Kabid Pengendalian Kerusakan dan Pemulihan Lingkungan, Naili Fasihah.

Sebelum malam grand final, sebanyak 27 orang mengikuti tahapan pembekalan dan melakukan kunjungan ke lapangan seperti kunjungan di tempat pembuangan akhir (TPA) Kilometer 13 Jalan Negara Muara Teweh - Puruk Cahu.

"Para peserta dapat melihat langsung kondisi TPA. Bagaimana menangani sampah yang begitu banyak mulai sampah dapur, sampah plastik maupun sampah B3," katanya.

Selain kunjungan ke TPA, peserta juga melakukan kunjungan ke hutan kota. Para peserta bisa melihat langsung jenis-jenis pohon dan tanaman yang ada, baik tanaman asli kalimantan maupun tanaman eksitik/invasif.

Para peserta juga mengikuti tes tertulis untuk mengevaluasi sejauh mana materi yang diserap. Di samping penilian secara tertulis, panitia juga menilai keaktifan, tingkah laku dan sikap peserta mulai dari pembekalan hingga malam grand final.