Jumlah DPS Barsel Sebanyak 107.480 Orang

id DPS Barsel, pilkada kalteng, daftar pemilih sementara

Jumlah DPS Barsel Sebanyak 107.480 Orang

Ilustrasi - Warga memeriksa daftar pemilih sementara untuk pilkada.(FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

Buntok (Antara Kalteng) - Jumlah daftar pemilih sementara di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang didata untuk pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2015 tercatat 107.480 jiwa.

"Kami sudah mendata jumlah daftar pemilihan sementara (DPS) di Barsel sebanyak 107.480 pemilih, 54.242 orang laki-laki dan 53.238 orang perempuan," kata ketua Komisi Pemilihan Umum Barsel, HM Hadi Surais di Buntok, Rabu.

Dia mengatakan, jumlah DPS di Kecamatan Jenamas untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng sebanyak 7. 505 orang, kecamatan Dusun Hilir 12.237 orang dan kecamatan Karau Kuala 12.286 orang pemilih.

"Sedangkan DPS kecamatan Dusun Selatan berjumlah 47.257 pemilih, Kecamatan Dusun Utara sebanyak 13.673 pemilih dan Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 14.522 pemilih," kata dia.

Menurut dia, jumlah DPS tersebut berdasarkan hasil pemutakhiran data yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di semua tempat pemungutan suara (TPS) beberapa waktu yang lalu.

"Setelah rapat pleno tingkat kabupaten ini, kita akan mengikuti rapat pleno penetapan DPS tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 3 September 2015," ujar Hadi Surais.

Dia mengatakan, setelah jumlah DPS Kalteng ini sudah ditetapkan, KPU Kabupaten/Kota akan mencetak jumlah DPS dan akan mengirimkannya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada tanggal 3-9 September 2015.

"Setiap PPS akan dikirim sebanyak 3 rangkap, satu rangkap untuk diumumkan di Kantor Kelurahan/desa, satu rangkap diumumkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan satu rangkapnya lagi untuk arsip pihak PPS," ucapnya.

Ia mengatakan, tujuan diumumkannya DPS tersebut agar ada koreksi dari pemilih, apakah namanya pas atau keliru dan seandainya tidak pas dapat menyampaikannya ke pihak PPS supaya bisa diperbaiki.