Bupati Barut Sesalkan Cagub Kalteng Kritik Daerah

id bupati Barut, willy-wahyudi, pilkada kalteng

Bupati Barut Sesalkan Cagub Kalteng Kritik Daerah

Bupati Barito Utara, Nadalsyah. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah menyesalkan sikap salah satu calon Gubernur Kalimantan Tengah yang melakukan blusukan ke Muara Teweh dengan mengkritik bernada mendiskreditkan pembangunan di daerah setempat.

"Calon Gubernur Kalteng diminta tidak memojokkan kepala daerah, ketika sedang melakukan blusukan di daerah ini," kata Bupati Nadalsyah di Muara Teweh, Rabu.

Kritik itu terkait blusukan Calgub Kalteng Willy M Yoseph ke pasar di Muara Teweh pada Jumat (11/9).

Ketika itu, Willy menyinggung akan memperbaiki pasar yang rusak. Padahal pemerintah Kabupaten Barito Utara telah merancang perbaikan semua pasar yang ada di daerah setempat.

"Silakan mengkritik, kalau kami tidak berbuat. Ini kami sedang berbuat, jadi jangan menyudutkan kepala daerah setempat," kata Koyem, sapaan akrab bupati yang mendapat kritikan itu dari informasi warga.

Bupati Barito Utara itu mengatakan pasar-pasar di Kabupaten Barito Utara termasuk di Muara teweh sudah dibuat desain maupun rancangan, pelaksanaan ada yang tahun 2015 dan 2016.

Perbaikan pasar sebagian sedang dilelang. Termasuk Pasar Pendopo, Ipu, PBB dan Dermaga Muara Teweh.

Pemkab Barito Utara telah berupaya maksimal agar semua pasar diperbaiki. Rencana anggaran biaya (RAB) pasar yang diperbaikan tersebut dapat dilihat di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Barito Utara, sebagai dinas teknis yang melaksanakan pekerjaan.

"Saya harapkan calgub menjaga etika apalagi sebagai mantan kepala daerah, silakan melakukan blusukan, asal jangan memojokkan kepala daerah," kata dia.

Bupati Nadalsyah mengatakan dirinya tidak pernah membicarakan kondisi jalan yang rusak di Kabupaten Murung Raya, seperti jalan rusak Puruk Cahu menuju Desa Muara Laung Kecamatan Laung Tuhup dan bandara, maupun keadaan PDAM yang macet.

Sebelumnya pada Jumat lalu calon gubernur Kalteng, Willy M Yoseph melakukan blusukan ke dua pasar tradisional dalam kota Muara Teweh yang didampingi sejumlah tim kampanyenya.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng yang digelar 9 Desember 2015 nanti diikuti tiga pasangan yakni Sugianto Sabran-Habib H Said Ismail dengan nomor urut satu, Willy M Yoseph-HM Wahyudi K Anwar nomor urut dua dan pasangan Ujang Iskandar-Jawawi nomor urut tiga.