Bupati Barut Hadiri Pekan Desa di Aceh

id bupari barut, pekan desa di aceh

Bupati Barut Hadiri Pekan Desa di Aceh

Bupati Barito Utara Nadalsyah saat menghadiri pembukaan kegiatan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan Nasioan dan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) Nasional ke-17 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (8/10). (Foto Humas dan Protokol Pem

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah dan ketua PKK Hj Sri Hidayati menghadiri pekan inovasi perkembangan desa/kelurahan dan gelar tepat guna nasional ke-17 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (8/10).

"Kegiatan tersebut dibuka Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ditandai dengan pemukulan Rapa`i Pasee. Tjahjo didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Barito Utara (Barut) M Iman Topik ketika dihubungi melalui telepon dari Muara Teweh, Jumat.

Dia mengatakan, kegiatan yang dihadiri pimpinan daerah itu juga dimeriahkan penampilan tarian kolosal ratusan penari Aceh. Pimpinan daerah ikut menyaksikan tarian tersebut.

Menurut Topik, Mendagri Tjahjo dalam sambutannya mengatakan pekan inovasi dan pameran TTG nasional di Aceh ini diharapkan tidak sekedar seremonial belaka.

"Di samping itu bukan hanya untuk kepentingan pemerintah semata tapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia," kata dia mengutip pidato Mendagri Tjahjo.

Topik mengatakan, melalui kegiatan tersebut, Mendagri mengharapkan bisa menumbuhkembangkan inovasi-inovasi baru untuk pengembangan pada tingkat desa, kecamatan hingga nasional.

Selain itu pemerintah mulai dari pusat hingga tingkat desa harus punya inovasi untuk meningkatkkan pembangunan.

"Dalam kegiatan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan Nasional dan Pameran TTG ini menampilkan pameran inovasi teknologi, pembangunan, dan produk industri kreatif dari seluruh Indonesia," kata Topik.

Selain Bupati Barito Utara, acara itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Acep Tion, kepala dinas terkait di antaranya Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Arbaidi, Kepala Dinas Pendidikan Elpi Epanop, Kepala Bappeda Muhlis dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Inriaty Karawaheni.