Kapolres Palangka Raya Beri Penyuluhan di Masjid

id kapolres palangka raya, jukiman situmorang, penyuluhan di masjid

Kapolres Palangka Raya Beri Penyuluhan di Masjid

Kapolres Palangkaraya AKBP Jukiman Situmorang. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kapolres Palangka Raya, AKBP Jukiman Situmorang, turun ke lapangan untuk memberikan penyuluhan di Masjid Al Hakam di Jalan Sapan Kelurahan Bukittunggal, Palangkaraya, Kalteng, Jumat (9/10) usai kegiatan ibadah salat Jumat di masjid tersebut.

Dalam imbauannya, di hadapan para jamaah, petinggi polisi ini, menjelaskan, kepada jamaah masjid tentang pentingnya kedekatan polisi dengan warga dan komunikasi kedua belah pihak untuk menangkal tindak kriminal dan mencegah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sejak dini.

Upaya mendekati warga ini, bukan hanya untuk momen di tempat ibadah ini saja, Kapolres Palangka Raya juga sudah melakukan upaya lainnya, pada Mei lalu, dengan mengumpulkan sebanyak 254 Ketua RT se Palangka Raya di Mapolresta untuk hal yang sama.

Menurut dia, hal tersebut, sebagai, upaya antisipasi tindak kriminal di Kota Palangkaraya dengan, harapan warga dan para Ketua RT ikut berperan serta, dalam menjalankan tugas negara, yakni mengantisipasi tindak kriminalitas atau menjaga kamtibmas di lingkungannya

"Kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan, terkait antisipasi tindak kriminal maupun KDRT, tentu dengan terus mendekati masyarakat . Bapak-bapak, bisa langsung melaporkan kepada kami jika saja, ada keributan di dalam rumah tangga pada tetangga bapak-bapak, yang berlangsung terus menerus dan ketibutan yang tidak lazim," katanya.

Menurut Kapolres, pihaknya mengupayakan untuk mendamaikannya, karena jika dibiarkan, bisa berdampak lebih parah dan akhirnya, bisa saja akan terjadi KDRT. "Sebelum ini, terjadi kami berusaha membantu mencegahnya, sehingga diharapkan ada peran dari warga untuk membantu kami memberikan informasi awal," katanya.

Sementara itu, usai melakukan sosialisasi kepada jemaah Masjid Al-Hakam, Kapolres juga memberikan sebuah ambal untuk keperluan masjid tersebut, yang disambut senang dari pengurus masjid, karena selama ini, masjid tersebut memang masih kekurangan ambal untuk jamaah yang shalat di teras masjid.