Listrik Padam Akibat 7 Tower Roboh, PLN Segera Diperbaiki

id listrik padam, PLN, tower roboh

Listrik Padam Akibat 7 Tower Roboh, PLN Segera Diperbaiki

Tower PLN yang ada di sekitar jalan Tingang kota Palangka Raya rusak akibat hujan deras disertai angin kencang, sehingga pemadaman terjadi di sejumlah wilayah Palangka Raya, Kasongan dan Sampit. (Foto Antara Kalteng/Jaya WM)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Teknisi Perusahaan listrik Negara area Palangka Raya dibantu Banjarmasin berupaya keras memperbaiki tujuh tower yang roboh akibat hujan lebat disertai angin kencang, Sabtu (7/11) malam, di wilayah Palangka Raya.

Bukan hanya tujuh tower roboh namun juga banyak jaringan distribusi listrik yang rusak akibat tertimpa pohon, kata Asisten Menajer Bidang transaksi Energi PT PLN Area Palangka Raya, Minggu.

"Perkiraan sementara perbaikan tower yang roboh maupun kerusakan jaringan distribusi membutuhkan waktu sekitar tiga minggu. Tapi, kami akan berupaya agar perbaikannya lebih cepat," tambahnya.

Purwanto mengakui robohnya tower dan kerusakan jaringan distribusi listrik akan mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir di Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Pulang Pisau dan Kapuas.

Dia mengatakan pemadaman listrik bergilir tidak dapat dihindari karena pasokan listrik dari sistem Barito terputus, sehingga pasokan di empat wilayah tersebut hanya berasal dari pembangkit listrik yang ada di Palangka Raya.

"Kebutuhan Palangka Raya mencapai 45 megawatt, sedangkan PLTD Island di Tjilik Riwut Palangka Raya hanya berkisar 22 megawatt. Semoga teknisi kami cepat memperbaikinya agar normal kembali," kata Purwanto.

Asisten Manajer Pelayanan PLN Palangka Raya Zakaria Nuran meminta maaf kepada pelanggan karena sejak, Sabtu (7/11) pukul 18.00 wib sampai Minggu (8/11) pukul 07.00, terpaksa listrik dipadamkan.

Dia mengatakan pemadaman tersebut terpaksa dilakukan karena adanya transmisi L1 dan L2 Selat Palangka terjadi trip akibat adanya tower yang roboh dan jaringan distribusi listrik rusak tertimpa pohon.

"Saat ini Teknisi PLN sedang berupaya melakukan tindakan agar kondisi listrik kembali normal. Mohon doanya agar proses pemulihan ini bisa segera selesai,"demikian Zakaria.