Bupati Seruyan Minta SKPD Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

id Sukseskan Sensus Ekonomi 2016, Bupati Seruyan Minta SKPD Sukseskan Sensus Ekonomi 2016, Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono

Bupati Seruyan Minta SKPD Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

BPS melaksanakan Sensus Ekonomi tahun 2016. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono meminta satuan kerja perangkat daerah di jajarannya untuk mensukseskan sensus ekonomi 2016 yang akan dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

"Saya minta semua instansi terkait, termasuk sektor usaha non pertanian agar mensukseskan sensus ekonomi dengan memberikan data-data yang dibutuhkan petugas BPS," kata Sudarsono saat Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di Kuala Pembuang, Selasa.

Selain itu, orang nomor satu di 'Bumi Gawi Hatantiring' ini juga menginstruksikan kepada para camat, lurah dan kepala desa untuk membantu petugas sensus ekonomi dengan memberikan informasi dan data yang dibutuhkan.

"Jadi camat, lurah dan kepala desa jangan sampai tertalu sering tidak berada di tempat, terutama ketika petugas sensus ekonomi memerlukan data," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan sensus ekonomi yang diselenggarakan setiap 10 tahun sekali bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

"Sementara tujuan khususnya adalah memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi," katanya.

Dilihat dari tujuan tersebut, sensus yang dilaksanakan 10 tahun sekali, memiliki peranan penting dan manfaat sangat luas bagi pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat yang ada di Seruyan.

Lewat data sensus tersebut, pemerintah dapat menyusun kebijakan, membuat perencanaan, melakukan evaluasi kebijakan pembangunan yang telah dilakukan.

"Pemerintah Seruyan tentunya sangat membutuhkan data yang akurat untuk mengevaluasi kebijakan serta menyusun rencana pembangunan ke depan, dan data yang akurat dapat diperoleh dengan dukungan semua pihak dari SKPD, camat, lurah, kades, hingga masyarakat," katanya.